Profil Moderator Debat Capres Perdana 2019

CNN Indonesia | Kamis, 17/01/2019 06:37 WIB
Profil Moderator Debat Capres Perdana 2019 Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menetapkan moderator debat Pilpres 2019. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Debat capres-cawapres untuk Pilpres 2019 edisi perdana akan digelar nanti malam. Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan tema pada debat perdana mengangkat isu Hukum, Hak Asasi Manusia, Korupsi dan Terorisme. Pada debat yang digelar di Hotel Bidakara tersebut akan dipandu dua moderator dari latar belakang dunia presenter.

Berdasarkan kesepakatan Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama kedua tim sukses dua paslon pada 28 Desember 2018, ditetapkan moderator debat Pilpres 2019 malam nanti adalah Ira Koesno dan Imam PriyonoNantinya, setelah debat pertama selesai. KPU akan mengevaluasi dan menunjuk nama moderator lain di empat debat tersisa.

Berikut profil dan latar belakang dua moderator debat capres cawapres malam nanti:


1. Ira Koesno


Profil Moderator Debat Capres-Cawapres (Cangkang)Ira Koesno (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Publik mengenalnya di televisi sebagai Ira Koesno, meski diketahui presenter kelahiran Jakarta, 30 November 1969 ini memiliki nama asli Dwi Noviratri Koesno. Ira merupakan sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI). Ira kemudian menamatkan gelar Master of Arts di bidang Film dan Produksi Televisi yang didapatnya pada tahun 2000 di Universitas Bristol. Ira Koesno juga meraih gelar Master of Arts bidang Jurnalistik Internasional Universitas Westminster (2001).

Ira Koesno diketahui pernah bekerja sebagai akuntan di Auditor KPMG Hanadi Sujandro, sebuah perusahaan akuntan publik di ibu kota sebelum terjun ke dunia jurnalistik dan penyiaran. 

Di dunia pertelevisian, khususnya presenter, Ira mengawali kariernya saat menjadi presenter berita (news anchor) di program berita Liputan6, Surya Citra Televisi (SCTV) dalam kurun waktu 1996 hingga 2004. Di SCTV, namanya berkibar hingga didaulat sebagai Pembaca Informasi Berita Wanita terfavorit versi Panasonic Award pada 1999 dan 2002. Penghargaan serupa kembali ia raih sebagai Presenter Berita Terfavorit pada 2003.  

Pascavakum dari dunia penyiaran, Ira Koesno kini mendirikan lembaga konsultan kehumasan dengan bendera Ira Koesno Communication. Bisnis ini bergerak dalam bidang jasa strategi komunikasi terpadu. Meski demikian, Ira Koesno pernah muncul kembali ke layar kaca ketika menjadi presenter program "Satu Jam Lebih Dekat" tvOne pada 2010 dan Moderator "Satu Meja" di Kompas TV pada 2016

Di panggung debat politik, Ira Koesno bukan sosok asing. Dirinya pernah ditunjuk oleh KPU DKI Jakarta untuk menjadi moderator debat putaran pertama dan kedua Pilkada DKI Jakarta pada 2017 silam.


2. Imam Priyono
Profil Moderator Debat Capres-Cawapres (Cangkang)Imam Priyono (CNN Indonesia/Safir Makki)

Jurnalis kelahiran 23 Oktober 1980 ini tercatat pernah menerima penghargaan dalam Kategori Presenter Berita Terbaik Anugerah KPI (2016). Saat itu, Imam terpilih sebagai presenter berita terbaik mengalahkan dua nominee lainnya, Tommy Tjokro dan Prabu Revolusi.

Imam Priyono mengawali kariernya sebagai presenter berita pagi Televisi Republik Indonesia pada 2010. Saat itu, usianya sudah memasuki 30 tahun.

Imam pernah disebut-sebut terjun ke dunia modeling sebelum berkecimpung di dunia jurnalistik dan penyiaran. Bersama Riza Ismalia, Imam Priyono dinobatkan sebagai Abang-None Jakarta pada 2004.

Saat namanya disebut bakal menjadi moderator pada debat perdana, Imam Priyono langsung menyatakan kesiapannya. Menurutnya, menjadi moderator debat capres-cawapres sama saja merupakan tugas negara.

Pengalamannya memandu debat pernah dia lakoni saat debat ketiga pemilihan gubernur (pilgub) Sulawesi Selatan. Dirinya juga berbekal pengalaman saat memandu debat ketiga Sumatera Utara dan debat terakhir pada Pilkada Bali.

Ikuti livestreaming, live report, dan cek fakta debat capres 2019 di CNNIndonesia.com pada 17 Januari 2019 mulai pukul 19.00 WIB.

(dir/ain)