BNPB Akan Cairkan Rp500 Juta untuk Daerah Terdampak Tsunami

ani, CNN Indonesia | Sabtu, 29/12/2018 04:27 WIB
BNPB Akan Cairkan Rp500 Juta untuk Daerah Terdampak Tsunami Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menyebut Rp500 juta akan diberikan kepada pemda yang terdampak tsunami Selat Sunda. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan pihaknya memberikan bantuan bagi daerah terdampak tsunami Selat Sunda berupa Dana Siap Pakai (DSP) senilai Rp500 juta.

Ia menambahkan dana bantuan operasional itu akan diberikan untuk untuk Pemerintah Daerah Pandeglang, Serang, dan Lampung Selatan yang sudah menetapkan status tanggap darurat.

"Dana siap pakai yang diberikan langsung cash Rp500 juta itu ke Pemda Pandeglang. Mengingat Pemda Serang dan Lampung Selatan juga sudah menetapkan status tanggap darurat, maka BNPB pasti akan memberikan bantuan dana operasional untuk keposkoan," jelas Sutopo di gedung Graha BNPB, Jakarta Timur, Jumat (28/12).


Selain itu ia menyampaikan BNPB telah memberikan 414 paket makanan siap saji, 1.098 paket lauk pauk, 512 paket makanan tambahan gizi, 100 kantong mayat, 10 set tenda pengungsi, 3 set tenda rsl, unit AC, dan10 unit genset.

Dalam paparannya, dijelaskan bahwa 99,1 persen layanan telekomunikasi juga sudah pulih di wilayah yang terdampak tsunami Selat Sunda. Selain itu, 65% aliran listrik juga sudah pulih.

Diketahui juga BMKG telah memasang 6 alat sensor di sekeliling Gunung Anak Krakatau. Sensor tersebut dipasang di bagian pulau Sumatera sebanyak 3 buah dan di bagian Pulau Jawa 3 buah.

"BMKG telah memasang enam alat sensor dikeliling Gunung Anak Krakatau yang mampu mendeteksi getaran hingga Magnitudo 3,4," jelasnya.

Sutopo juga memaparkan perkembangan bantuan yang sudah disalurkan dari pihak lain diantaranya 9 pos Puskesmas sudah didirikan oleh Kementrian Kesehatan di kabupaten
Pandeglang dan 1 di Kabupaten Serang.

Sementara itu, RSUD Berkah Pandeglang dan RSUD Drajat Prawiranegara Serang ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan korban tsunami.

Pertamina juga turut menyiagakan 425 pangkalan gas elpiji 3 kg di kabupaten Pandeglang untuk mencukupi kebutuhan masyarakat akan bahan bakar.

Terakhir, 9 jalur penerbangan yang terdiri 6 penerbangan internasional dan 3 penerbangan domestik sudah dialihkan untuk menghindari letusan gunung Anak Krakatau.