FOTO : Menaruh Harapan pada Laut Usai Tsunami Selat Sunda

Safir Makki, CNN Indonesia | Sabtu, 29/12/2018 10:00 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Pascatsunami dari Selat Sunda, ditambah kenaikan status ancaman Gunung Anak Krakatau, para pegiat usaha di pesisir Banten menaruh harapan bangkit pada laut.

Vila yang rusak akibat terjangan gelombang tsunami 22 Desember di kawasan Cinangka, Kabupaten Serang, Banten. Puluhan penginapan baik hotel maupun resort rusak dan beberapa ditinggalkan pemiliknya begitu saja. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Bekas penanda rombongan pelancong masih tergantung di sebuah gazebo resort di kawasan Anyer, Kabupaten Serang, Banten, 27 Desember 2018. Meski tingkat hunian menurun drastis, pemilik dan pengelola hotel berharap segera pulih kembali. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Emi Suryo, pemilik resort membersihkan sisa dahan dan ranting pohon yang terbawa gelombang tsunami di kawasan Anyer, Serang, Banten, 27 Desember 2018. Emi tetap optimis usaha resortnya bisa bangkit. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Warga melintas di depan spanduk perayaan malam tahun baru yang rencananya digelar sebuah hotel di kawasan Anyer, Banten, 28 Desember 2018. Sejumlah hotel yang telah mempersiapkan acara spesial akhir tahun terpaksa membatalkannya karena dampak bencana tsunami dan status siaga Gunung Anak Krakatau. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Patung gajah dan dinosaurus masih berdiri meskipun gelombang tsunami menghantam kawasan pantai umum di Karang Bolong, Anyer, Banten. Sebelum bencana gelombang tsunami, kawasan ini merupakan spot pelancong lokal berwisata dan selalu ramai saat musim libur. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Gelombang laut yang tinggi dan aktifitas Gunung Anak Krakatau membuat kecemasan bagi masyarakat sekitar. Puing-puing bekas terjangan tsunami dibiarkan saja oleh pemilik hotel. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Wahana permainan air yang terletak tak jauh dari pantai ini terdampak gelombang tsunami pekan lalu. Pemilik menutup wahana ini demi menjaga keselamatan dan akan dibuka kembali jika kondisi mulai normal. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Petugas dan relawan masih mencari korban gelombang tsunami. Per 28 Desember 2018 tercatat 426 orang meninggal serta ribuan orang mengungsi. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Penanganan pascagelombang tsunami terus dilakukan di pesisir Banten. Sejumlah infrastruktur rampung diperbaiki. Kondisi psikologi korban yang selamat pun terus 'dipulihkan' agar hidup tetap berjalan dan kawasan ini bangkit kembali. (CNNIndonesia/Safir Makki)