Putri Gus Dur: Memilih Presiden Bukan Nabi, Enggak Usah Baper

CNN Indonesia | Sabtu, 29/12/2018 15:26 WIB
Putri Gus Dur: Memilih Presiden Bukan Nabi, Enggak Usah Baper Putri Gus Dur, Inayah Wulandari Wahid menanggapi isu agama yang menjamur di tahun politik. (Foto: CNN Indonesia/Mesha Mediani)
Jakarta, CNN Indonesia -- Putri bungsu Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Inayah Wulandari Wahid menanggapi isu agama yang menjamur di tahun politik. Dia mengatakan kaum muda hendaknya tidak terlalu mengagungkan sosok pemimpin dan membawa ke ranah agama.

"Kita ini mau pemilu milih presiden, pilih wakil rakyat pilih DPD. Bukan lagi milih nabi, bukan lagi milih imam, bukan lagi milih Tuhan," kata Inayah di kawasan Ancol, Jakarta, Sabtu (29/12).

"Jadi enggak usah 'baper' bawa agama dalam politik. Jadi politik, politik saja. Kita ngomongin negara kok," lanjut Inayah.


Inayah bilang hendaknya para pemimpin juga berdebat mengenai program, ide dan gagasan antarcalon presiden. Para pemimpin juga harusnya lebih banyak bicara tentang bangsa dan menjalankan pemerintah.


"Orang ini bukan urusan agama kok. Ini kan politik. Ketika kita ngomongin politik kita ngomongin kebangsaa, kenegaraan. Kita ngomongin fungsi-fungsi negara," beber dia.

Kendati demikian, dia menegaskan tidak mempermasalahkan pihak-pihak yang memilih pemimpin berdasarkan agama. Yang menjadi masalah menurut Inayah adalah ketika agama itu dipolitisasi.


"Kalau Anda mau milih bahwa faktornya adalah kesamaan agama silahkan. Tapi enggak usah dibawa-bawa, enggak usah dipolitisasi. Enggak usah dikapitalisasi juga," kata Inayah.

Terakhir, ia meminta para calon pemimpin lebih memahami dampak yang dirasakan masyarakat ketika terus menerus digerus dengan isu agama. Pemimpin juga harus bertanggungjawab dan tidak mengorbankan masa depan Indonesia dengan pesta demokrasi. (ctr/asa)