Truk Pemadam Kebakaran Dikerahkan Bersihkan Sampah Tahun Baru

ain & CNN Indonesia, CNN Indonesia | Selasa, 01/01/2019 11:53 WIB
Truk Pemadam Kebakaran Dikerahkan Bersihkan Sampah Tahun Baru Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengerahkan tiga truk pemadam kebakaran untuk membersihkan sampah sisa perayaan Tahun Baru 2019 tadi malam. (CNN Indonesia/Aini Putri Wulandari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan tiga truk pemadam kebakaran ikut dikerahkan untuk membantu petugas kebersihan membersihkan halaman Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Selasa (1/1) pagi.

Hal ini ia katakan saat mendatangi ke Monas untuk memantau proses pembersihan usai perayaan tahun baru tadi malam.

Ia menyebutkan alat semprot truk pemadam tersebut akan membantu petugas membersihkan sampah-sampah kecil yang tersisa dan menempel di jalanan.



"Dibantu juga oleh pemadam kebakaran. Ada tiga truk pemadam karena untuk membersihkan kotoran di antara batu-batu ini dari alat yang dimiliki enggak bisa divakum," kata Anies.

Anies juga terlihat ikut mencoba alat semprot dari truk pemadam kebakaran. Ia mengatakan proses membersihkan sampah-sampah kecil sangat sulit walaupun sudah menggunakan alat semprot tersebut.

Menurut dia, ada sekitar 300 petugas kebersihan yang dikerahkan hanya untuk area Monas. Pada shift malam yang dimulai dari 00.30-06.00 dikerahkan 200 petugas. Sedangkan hari ini dari pukul 06.00-16.00 dikerahkan 100 orang.


Anies mengatakan halaman Monas yang cukup luas dibersihkan secara manual. Oleh karena itu untuk meringankan beban petugas kebersihan, ia menghimbau masyarakat untuk mengurangi jumlah sampah.

"Kalau warga mengurangi jumlah sampah itu membantu petugas kita bekerja menjaga kebersihan," katanya.

Nur Alifah (53,) seorang petugas kebersihan yang sudah menunaikan tugasnya sejak dini hari juga mengaku kesulitan membersihkan sisa-sisa sampah.

"Paling tiga hari (membersihkannya) kalau bersih total. Banyak sampah, kalau enggak hujan gampang. Kan pada nempel di batu-batu ini juga," kata dia.

Meski begitu, Anies menyebut jumlah sampah di perayaan tahun baru kali ini hanya 327 ton, tak sampai setengah dari tahun lalu yakni 780 ton. Ia juga mengatakan adanya pengurangan kembang api. (stu)