Libur Tahun Baru, Satu Arah Puncak Diterapkan Hingga Malam

CNN Indonesia | Selasa, 01/01/2019 19:55 WIB
Libur Tahun Baru, Satu Arah Puncak Diterapkan Hingga Malam Kawasan Puncak, Bogor macet di hari terakhir libur tahun baru. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)
Jakarta, CNN Indonesia -- Arus lalu-lintas dari arah Puncak, Bagor, Jawa Barat menuju Jakarta diberlakukan hingga pukul 21.00 WIB hari ini, Selasa (1/1). Kemacetan arus lalu lintas libur tahun baru dikabarkan hingga perbatasan Cianjur.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor Ajun Komisaris Hasby Ristama mengatakan sistem satu arah diberlakukan untuk memastikan kemacetan cepat terurai.

"Sekarang masih satu arah ke bawah kondisi ekor kemacetan masih di perbatasan Cianjur,  dan cukup padat pasti karena hari terakhir orang pulang kemungkinan besar dibuka jam 8 atau jam 9 malam," kata Hasby saat dihubungi CNNIndonesia.com.

Agar tidak semakin padat, pihaknya juga mengalihkan kendaraan dari Cianjur melalui jalur alternatif yakni Jonggol atau Sukabumi.


"Kalau dari Cianjur dia tinggalnya di Cimacan, Ciloto, Cibodas, taman bunga lewat Jonggol lebih cepat dari pada lewat Puncak masih lama," ucapnya.

Lebih lanjut, dia juga tidak merekomendasikan masyarakat untuk melalui jalur alternatif yang tidak direkomendasikan oleh polisi demi keamanan dan keselamatan masyarakat.

"Kami tidak merekomendasikan lewat jalan alternatif atau jalan kampung karena kalau di jalan raya banyak polisinya," ucapnya.

Sampai pukul 15.00, pihaknya mencatat jumlah kendaraan yang melalui jalur Puncak-Jakarta sebanyak 11.439 kendaraan. (sah/sur)


BACA JUGA