PBNU-Dubes Saudi Resmi Sudahi Polemik Bendera Tauhid

CNN Indonesia | Kamis, 03/01/2019 16:50 WIB
PBNU-Dubes Saudi Resmi Sudahi Polemik Bendera Tauhid Ketua PBNU Said Aqil Siradj. (CNN Indonesia/Abi Sarwanto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj menerima kunjungan Wakil Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Yahya Al Qahtani di gedung PBNU, Jakarta, Kamis (3/).

Said mengatakan kunjungan ini merupakan silaturahmi sekaligus menunjukkan bahwa polemik pembakaran bendera tauhid yang sempat terjadi beberapa waktu lalu telah selesai.

"Jadi mereka datang kemari untuk mempertegas hubungan NU dengan masyarakat Saudi. Ya, meski ada gesekan, kadang-kadang, tapi ini akan bawa berkah," ujar Said.


Yahya merupakan wakil dubes Osammah Muhammad Al-Saibi yang sempat berpolemik terkait cuitan di akun Twitter tentang kasus pembakaran bendera tauhid. Saat itu Osammah mengatakan bahwa pembakaran dilakukan oleh oknum organisasi sesat di Indonesia.

Said mengaku sempat tersinggung dengan kicauan Osammah tersebut. Sebab, faktanya pelaku pembakaran bendera itu telah dijatuhi hukuman dan permasalahan pun telah dibahas bersama Menkopolhukam Wiranto hingga Wakil Presiden Jusuf Kalla. Kendati masih menjabat sebagai Wakil Dubes atau Kuasa Usaha Kedubes Saudi, namun menurut Said mengklaim Yahya sudah menjadi dubes definitif pengganti Osammah.

"Beliau (Osammah) kemudian ditarik dan diganti dengan dubes (Yahya) yang jenius dan memiliki kecerdasan berpolitik. Dia mantan dubes di Swiss sehingga terbuka, moderat, toleran, dan jauh dari kekerasan, apalagi radikal," tuturnya.


Dalam kesempatan yang sama, Yahya menyampaikan bahwa kunjungan kali ini bertujuan mempererat hubungan persaudaraan Indonesia dengan Saudi.

Di mata pemerintah Saudi, Indonesia terkenal dengan jumlah penduduknya yang mayoritas beragama Islam.

"Ada ikatan spiritual dengan umat Islam di Indonesia yang sangat banyak dengan Makkah-Madinah. Ini pertama kali kunjungan dan mudah-mudahan saling manfaat dan menguntungkan," ucapnya.

(psp/wis)