Anies Sebut Uji Kelayakan Cawagub DKI Digelar Pekan Ini

dhf, CNN Indonesia | Kamis, 03/01/2019 18:33 WIB
Anies Sebut Uji Kelayakan Cawagub DKI Digelar Pekan Ini Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan telah menerima informasi Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) bakal memulai uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon wakil gubernur DKI Jakarta. Fit and proper test mencari pengganti Sandiaga Uno itu bakal digelar minggu ini.

"Minggu ini mereka akan melakukan fit and proper pada tiga nama yang diajukan oleh PKS," kata Anies saat ditemui di Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (3/1).

Anies tak bisa merinci waktu dan tempat berlangsungnya fit and proper test. Ia menyatakan tidak ikut dalam proses pencalonan.


Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyerahkan sepenuhnya pada PKS dan Gerindra. Ia akan menunggu di ujung proses pemilihan.

"Tinggal mereka nanti mengajukan surat kepada gubernur, menyampaikan dua nama dan nanti saya meneruskan ke dewan," tuturnya.

Dihubungi terpisah, Wakil Ketua DPD DKI Jakarta Gerindra Syarif mengatakan tim fit and proper test sudah siap melakukan tugasnya.

Selain Syarief, tim fit and proper test diisi Dekan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI) Eko Prasodjo, pengajar Universitas Negeri Jakarta Ubedilah Badrun, Wakil Ketua DPD DKI Jakarta Gerindra Syarif, dan peneliti senior LIPI Siti Zuhro.

Syarif menyebut butuh waktu sekitar tiga minggu untuk menghasilkan dua nama cawagub. Setelah itu baru bisa dibahas di DPRD DKI Jakarta.

"Nanti kita lakukan pendalaman ke tiga kandidat itu. Harapan saya 25 Januari sudah selesai," ucap Syarif di Balai Kota Jakarta, Kamis (3/1).

PKS sudah memastikan tiga nama bakal cawagub DKI Jakarta yang bakal diseleksi dalam fit and proper test. Nama itu telah dikirim ke Gerindra lewat surat, Rabu (2/1).

Mereka yang menjadi cawagub DKI adalah mantan Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu, Sekretaris Umum DPW PKS DKI Jakarta Agung Yulianto, dan Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Abdurrahman Suhaimi.

Suhaimi kepada CNNIndonesia.com mengusahakan hadir dalam fit and proper test itu.

"Insyaallah. Mudah-mudahan," kata Suhaimi.


(dhf/wis)