Busa di Kali Item, Anies Bakal Bangun 10 Pengolahan Limbah

Dhio Faiz, CNN Indonesia | Jumat, 04/01/2019 22:05 WIB
Busa di Kali Item, Anies Bakal Bangun 10 Pengolahan Limbah Busa Kali item. (CNN Indonesia/Dini)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana membangun instalasi pengolahan air limbah (IPAL) merespons busa di Kali Item alias Kali Sentiong yang bersumber dari pencemaran limbah rumah tangga.

Rencananya, 10 IPAL percontohan akan dibangun di Kali Sentiong tahun 2019.

"Kami punya program ini, kami nanti rencananya di sepanjang Kali Sentiong itu ada sepuluh titik pembangunan IPAL komunal, akan dikerjakan langsung oleh PD PAL Jaya," kata Kepala Dinas Sumber Daya Air Teguh Hendarwan saat dihubungi, Jumat (4/1).


Teguh menyebut Anies memerintahkan program itu diselesaikan tahun ini. Dinas SDA saat ini menargetkan proyek ini selesai Oktober 2019.


Kata Teguh nantinya IPAL bakal menyaring limbah yang dikeluarkan rumah tangga. Sehingga air yang mengalir ke Kali Item sudah bebas limbah.

"Satu IPAL kapasitasnya sekitar 250-300 rumah tangga. Jadi nanti dibangunkan pipa instalasi ke rumah-rumah tangga itu, jadi nanti itu akan diolah," tutur Teguh.

Teguh memperkirakan nantinya Jakarta butuh sepuluh ribu IPAL komunal karena ada tiga juta yang butuh pengolahan air limbah.

Selain IPAL komunal, lanjut Teguh, juga akan dibangun pengolahan air limbah berskala kecil.

"Kami juga akan bangun lima puluh pengolahan air limbah domestik di daerah kawasan rumah-rumah pompa kita, termasuk juga di kawasan-kawasan seperti taman RPTRA, kawasan perumahan-perumahan," lanjutnya.

Busa terlihat di Kali Sentiong, Kemayoran, Jakarta Utara karena limbah detergen terkocok pompa air sejak Selasa (1/1).

Menurut Ibrahim (45) warga sekitar kali, busa di Kali Item pada akibat dari pompa air di antara Waduk Sunter Selatan 1 dan Kali Item. Pompa air dinyalakan pada saat debit air di Waduk Sunter Selatan 1 melebihi kapasitas.

(ugo/ugo)