Wiranto Minta Polisi Identifikasi Pelaku Teror Pimpinan KPK

CNN Indonesia | Rabu, 09/01/2019 13:59 WIB
Wiranto Minta Polisi Identifikasi Pelaku Teror Pimpinan KPK Menko Polhukam meminta masyarakat untuk tetap tenang menanggapi kabar teror bom di rumah pimpinan KPK. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto meminta kasus pelemparan bom molotov di kediaman pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo dan Laode M Syarief tak dilebih-lebihkan.

"Jangan kita ributkan, tinggal diusut, polisi tangkap identifikasi manusianya, proses latar belakangnya apa, semua di situ," ujar Wiranto di kantor Wakil Presiden Jakarta, Rabu (9/1).

Wiranto meyakini pelaku pelemparan bom itu hanya bertujuan menakut-nakuti. Mantan Ketua Umum Partai Hanura itu meminta publik tetap tenang dan memercayakan pengusutan kasus tersebut kepada pihak kepolisian.



Terlebih jelang pelaksanaan Pemilu 2019, kata Wiranto, tanggung jawab aparat keamanan akan semakin ditingkatkan.

"Ya pasti semua teror tidak nyaman, tapi yang penting itu kita cegah. Ada BNPT, kepolisian, selalu deteksi dini melakukan analisis indikasi semacam itu," katanya. Wiranto meminta pada intinya jelang pemilu jangan membuat masyarakat resah.

Wiranto soal Bom Molotov: Jangan Kita Ributkan
Bom high explosive di rumah Ketua KPK Agus Rahardjo (Dok. Istimewa)


Sebelumnya, rumah Wakil Ketua KPK Laode M Syarief di Kalibata, Jakarta dilempar bom molotov pada Rabu dini hari. Tak berapa lama rumah Ketua KPK Agus Rahardjo di Bekasi, Jawa Barat juga dilempar bom molotov.

Polisi menyatakan dari pantauan kamera pengawas di rumah Laode, ditemukan orang yang mencurigakan di depan rumah sekitar pukul 01.00 WIB dini hari.



Polisi baru mendatangi kediaman Laode pada pukul 7 pagi. Mereka mengamankan satu botol mencurigakan berisi spiritus dan sumbu.

Dari kejadian ini, dinding rumah depan garasi hingga dinding balkon rumah Laode terbakar. Warna hitam pekat menyelimuti dinding selayaknya bekas bakar tampak jelas.

Saat ini, pihak Laode maupun keluarganya belum memberikan pernyataan. Sementara itu polisi sudah turun mengamankan situasi di sekitar lokasi.

(psp/ain)