Arifin Ilham Lanjutkan Pengobatan ke Penang Malaysia

Antara, CNN Indonesia | Kamis, 10/01/2019 07:00 WIB
Arifin Ilham Lanjutkan Pengobatan ke Penang Malaysia Ustaz Arifin Ilham melanjutkan pengobatannya ke Malaysia. (Gilang Fauzi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ustaz Arifin Ilham melanjutkan masa pengobatannya di Penang, Malaysia usai beberapa hari mendapat perawatan intensif di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Pavilion Kencana. Arifin Ilham mengidap kanker getah bening stadium 4A.

Meski telah dinyatakan sembuh, Arifin kembali masuk rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

"Ustaz langsung menuju bandara kemudian langsung ke Penang, Malaysia," kata salah satu santri pimpinan Arifin Ilham Az-Zikra, Bayu, di RSCM Kencana di Jakarta, Kamis (10/1) pagi.



Arifin Ilham berangkat menggunakan ambulans bersama sejumlah kolega menuju bandara sekitar Soekarno Hatta pukul 05.00 WIB. Ustaz yang dikenal sebagai dai spesialis zikir itu terbang menuju Malaysia pukul 06.00 WIB.

Tampak sejumlah santri dari Majelis Az-Zikra berberes sejumlah barang yang dibawa Arifin Ilham saat dirawat di RSCM, di antaranya termos, selimut, dan juga kipas angin. Barang-barang tersebut diangkut dengan menggunakan mobil bak terbuka Az-Zikra.

"Barang-barang ini langsung ke Sentul (pondok pesantren Az-Zikra)," katanya.


Sejumlah pejabat hingga Presiden menjenguk Arifin Ilham semasa penyembuhan di RSCM. Pada Rabu (9/1) pagi, Presiden Jokowi mendoakan agar Arifin lekas sembuh.

Calon presiden nomor 01 itu berharap Arifin bisa berkegiatan seperti sedia kala untuk berdakwah dan memberikan tausiah kepada masyarakat luas. Arifin dirawat di RSCM sejak beberapa hari lalu.

"Dan beliau bisa berkegiatan kembali, berdakwah, bersiar, membiarkan tausiah kepada kita," ujarnya.

[Gambas:Instagram]

Sebelumnya, Ketua MUI yang juga calon wakil presiden nomor 01 Ma'ruf Amin juga menjenguk Arifin di RSCM Kencana. Ma'ruf mendoakan agar Arifin bisa dipanjangkan umur dan dihilangkan penyakitnya.

"Mudah-mudahan dia diberikan kesehatan, dan terus bisa melanjutkan untuk mengajak orang berzikir di mana-mana, supaya ingat tuhan, supaya tak banyak melakukan hal-hal tak baik," kata dia.

Pada Rabu (9/1) siang, giliran calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto yang datang menjenguk Arifin Ilham.

"Doa saya untuk kesembuhan Ustaz Arifin Ilham yang saat ini terbaring sakit," ucap Prabowo seperti tertera di akun pribadi Twitter miliknya, Rabu (9/1).


Prabowo juga mengaku melihat keinginan Arifin untuk sembuh sangat kuat. Indikasi itu ia lihat saat sedang berdiskusi dengan Arifin.

Hadirnya kedua paslon di Pilpres 2019 yang menjenguk Arifin Ilham memunculkan spekulasi publik di netizen. Putra Arifin Ilham, Muhammad Alvin Faiz menegaskan bahwa tak ada kepentingan tertentu dari kedua paslon tersebut datang menjenguk ayahnya.

"Sejauh ini banyak orang-orang besar/penting menjenguk abi (ayah), mulai dari Pak Tito, ustad Yusuf Mansur, Erick Thohir, KH Maruf Amin, dan ulama-ulama besar lainnya," kata Alvin di akun Instagramnya, Rabu (9/1).

Terkait kedatangan Jokowi, Alvin pun menegaskan Arifin Ilham dan Jokowi merupakan kawan baik. "Saya masih ingat betul abi minggu lalu mengatakan bahwa dirinya dekat dengan Jokowi. Abi mengatakan siapapun pemimpinnya, harus hormat dan taat, jika salah, ingatkan dengan cara yang benar dan baik," kata Alvin.




(ain)


BACA JUGA