Ira Koesno Ingin Debat Pilpres Panas Tapi Tak Meledak-ledak

CNN Indonesia | Kamis, 10/01/2019 19:29 WIB
Ira Koesno Ingin Debat Pilpres Panas Tapi Tak Meledak-ledak Ira Koesno ingin debat Pilpres berlangsung panas. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Moderator debat Pemilihan Presiden 2019 Ira Koesno berharap debat perdana yang akan dipandunya, Kamis (17/1) mendatang akan berjalan panas.

Dalam debat perdana nanti pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto - Sandiaga Uno akan beradu gagasan terkait tema hukum, HAM, pemberantasan korupsi, dan terorisme.

"Kalau kita inginnya debatnya panas, tapi ya panasnya harus terkontrol, jangan meledak-ledak," kata Ira saat ditemui usai rapat persiapan debat di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (10/1).

Ia berharap bisa memandu kedua pasang kandidat untuk benar-benar mengungkapkan gagasannya untuk Indonesia di masa depan.


Mantan presenter berita itu berpendapat jika itu terwujud, masyarakat Indonesia bisa mendapat informasi terbaik mengenai calon pemimpinnya.

"Diharapkan para paslon itu memberikan jawaban terbaik karena tahu inilah yang ditunggu oleh publik," ujar Ira.

Di kesempatan yang sama, moderator lainnya Imam Priyono juga berharap debat berlangsung seru sebagai tontonan yang informatif.

Imam juga menyampaikan kepada semua pihak untuk memanfaatkan debat ini untuk mengenal lebih jauh calon pemimpin Indonesia.

Selain itu, ia memastikan moderator akan memandu secara profesional tanpa membedakan setiap kandidat.

"Ya pasti sikapnya netral, kita sesuai aturan, netralitas kita juga yang melatarbelakangi kita ada di sini," ujarnya.

Debat perdana capres-cawapres bakal digelar di Hotel Bidakara, Jakarta. Debat ini dibagi menjadi enam segmen. Segmen pertama berisi sosialisasi visi misi kandidat. Lalu sesi kedua dan ketiga akan berisi pertanyaan dari panelis.

Sesi keempat dan kelima akan menjadi kesempatan para kadidat untuk saling bertanya. Di segmen keenam, debat akan ditutup dengan pernyataan penutup masing-masinh kandidat. (dhf/sur)