Muncikari: Para Artis Tawarkan Diri Masuk Jaringan Prostitusi

CNN Indonesia | Kamis, 10/01/2019 20:15 WIB
Muncikari: Para Artis Tawarkan Diri Masuk Jaringan Prostitusi Dua muncikari yang jadi tersangka kasus prostitusi online yang melibatkan arits, Siska dan Tentri. (CNN Indonesia/Farid Miftah Rahman)
Surabaya, CNN Indonesia -- Dua muncikari yang jadi tersangka kasus prostitusi online, Endang Suhartini alias Siska (37) dan Tentri Novanta (28), menyebut tak pernah merekrut sejumlah artis untuk bergabung ke jaringan prostitusinya. Menurut mereka, para artis itu sendiri yang menawarkan diri untuk masuk.

"Saya enggak ngajak ya, tapi mereka [artis] menawarkan diri sendiri," kata Tentri, saat ditemui di gedung Ditreskrimsus Polda Jatim, Kamis (10/1).

Keduanya juga mengaku hanya menghubungkan para artis dengan calon pengguna jasa prostitusinya. Hal itu juga sesuai dengan kemauan si artis itu sendiri.

"Mereka kebanyakan memang mau [ditawarkan ke pelanggan], dan aku sama halnya pada penghubung aja, tidak lebih dari itu," timpal Endang.

Keduanya juga menyebut tak pernah memberikan atau menawarkan iming-iming tertentu pada sejumlah artis agar mau bergabung dalam jaringannya.

"Tidak ada iming-iming juga, tidak ada," kata Tentri.

Artis Vanessa Angel jadi saksi dalam kasus prostitusi online. Artis Vanessa Angel jadi saksi dalam kasus prostitusi online. (CNN Indonesia/Farid Miftah Rahman)
Di tempat yang sama, Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jatim Kombes (Pol) Akhmad Yusep Gunawan mengatakan beberapa artis memang menawarkan diri kepada si muncikari agar bisa masuk dalam jaringan prostitusi online tersebut.

"Modus perekrutran artis oleh tersangka ES (Endang) dan TN (Tentri) bervariatif, ada di antaranya yang meminta kepada muncikari," kata dia.

Untuk kasus artis Vanessa Angel (VA), Yusep menyebut muncikarilah yang terlebih dahulu menawarkan artis film televisi (FTV) itu kepada si penyewa.


"Artinya, muncikari telah menyiapkan data-data apabila ada permintaan dari penyewa. Munculnya VA ini bukan permintaan penyewa dari pembicaraan digital," ucapnya.

Hingga kini, kasus dugaan prostitusi online itu terus didalami kepolisian. Usai dilakukan digital forensik, polisi menemukan nama 5 artis dan model yang diduga terlibat dalam jaringan tersebut.

Kelimanya adalah AC, TP, dan BS, yang masuk dalam jaringan Endang. Lalu ada pula ML, dan RF yang berasal dari jaringan Tentri. Dalam waktu dekat mereka bakal dipanggil Polda Jatim untuk dimintai keterangan.




(frd/arh)