Surabaya Raih Adipura Kencana, JK Puji Wali Kota Risma

CNN Indonesia | Senin, 14/01/2019 16:50 WIB
Surabaya Raih Adipura Kencana, JK Puji Wali Kota Risma Kota Surabaya mendapatkan anugerah Adipura Kencana atau kota terbersih. (CNN Indonesia/Farid Miftah Rahman)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kota Surabaya meraih Adipura Kencana, penghargaan tertinggi bagi kota yang berhasil dalam kebersihan dan pengelolaan lingkungan perkotaan selama minimal tiga tahun berturut-turut.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) di gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Senin (14/1).

JK mengatakan penghargaan itu cukup penting bagi para kepala daerah, terutama, menjelang pemilihan umum atau pemilihan kepala daerah.


"Karena itu selamat dan wajar saja telah mengerjakan dengan baik," ujar JK.
Di sela penyerahan penghargaan itu, JK juga menyampaikan pujian pada Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang berhasil meraih Adipura Kencana.

"Saya sampaikan terima kasih ibu Risma karena satu-satunya yang naik tiga kali adalah ibu Risma. Kita apresiasi juga dalam keadaan kaki terkilir tetap inspeksi kotanya," kata JK.

Selain penghargaan Adipura Kencana, Surabaya juga mendapat pernghargaan terkait kinerja pengurangan sampah dan Nirwasita Tantra atau penghargaan pada daerah yang menerapkan kebijakan sesuai prinsip pembangunan berkelanjutan.

Risma mengucapkan terima kasih atas penghargaan Adipura Kencana tersebut. Upaya memajukan Surabaya sebagai kota yang bersih diklaim Risma bukan untuk mendapatkan penghargaan.

"Saya malu saja kalau kota saya kotor, itu sama saja dengan wajah saya," tuturnya.

Selain Adipura Kencana, ada tiga kategori penghargaan Adipura lainnya, yakni Adipura, Sertifikat Adipura, dan Plakat Adipura.

Selain Surabaya, 119 kabupaten/kota lainnya mendapatkan penghargaan ini, dengan porsi dua kota yakni Tangerang dan Palembang untuk kategori Kota Metropolitan. Kemudian, tiga kota dalam kategori Kota Besar, 31 kabupaten/kota dalam ketagori Kota Sedang, serta 83 kabupaten/kota untuk kategori Kota Kecil.

Sebanyak 10 kabupaten/kota lainnya meraih penghargaan Sertifikat Adipura dan 5 kabupaten/kota meraih Plakat Adipura untuk Sarana dan Prasarana Terbaik.
(psp/ugo)