Jokowi ke Habibie: Kondisi Ekonomi dan Politik Indonesia Baik

CNN Indonesia | Senin, 14/01/2019 18:59 WIB
Jokowi ke Habibie: Kondisi Ekonomi dan Politik Indonesia Baik Presiden Joko Widodo melakukan video conference dengan BJ Habibie. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan video conference dengan Presiden ke-3 RI BJ Habibie di Presidential Lounge, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (14/1).

Jokowi ditemani Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto saat berbincang dengan Habibie.

Selain menanyakan kondisi kesehatan Habibie, Jokowi turut mengabarkan kondisi ekonomi dan politik Indonesia yang baik menjelang pemilihan umum (Pemilu) 2019. Pemilihan legislatif (pilegl dan pemilihan presiden (pilpres) akan digelar serentak pada 17 April 2019.


"Saya tadi juga mengabarkan mengenai keadaan di Indonesia mengenai ekonomi, yang berjalan baik, politik juga berjalan baik," kata Jokowi.

Jokowi menambahkan proses menuju ke pemilihan legislatif dan pemilihan presiden juga dalam keadaan yang baik.

"Itu yang kami kabarkan," ujarnya.
Jokowi juga mengaku sependapat dengan Habibie tentang rencana pengembangan sumber daya manusia (SDM) secara besar-besaran yang akan dilakukan dalam kurun waktu beberapa tahun ke depan.

Menurut Jokowi, dalam tanggapannya tadi Habibie menekankan pada bidang pendidikan. Jokowi mengatakan bahwa Habibie menginginkan agar pemerintah fokus pada pengembangan vokasi dan memperbanyak pelatihan.

"Pendidikan dan pembudayaan. Jadi pembudayaan beliau menyampaikan itu. Jadi budaya produktivitas, kedisiplinan kemudian kerja keras, itu yang beliau sampaikan," kata Jokowi.

Jalannya Video Conference

Di awal video conference Jokowi menanyakan kondisi kesehatan Habibie yang saat ini dirawat di Jerman.

Habibie kemudian menjelaskan kondisi terbarunya. Dia mengaku baru saja selesai menjalani operasi ginjal dan mata kepada Jokowi yang duduk di sisi kanan Wiranto.

"Baik, makin sehat. Setelah diperbaiki bukan hanya ginjal tetapi juga mata. Nanti bulan depan matanya kiri-kanan dioperasi tapi enggak berat karena ganti lensa aja," kata Habibie.
Habibie mengatakan bahwa operasi ginjal yang agak berat. Namun, kata dia dengan teknologi bioresonansi pengobatannya berjalan baik.

"Ginjalnya yang agak berat, tetapi itu mereka dengan teknologi mutakhir, pakai namanya bioresonansi," ujarnya.

Setelah mendengar penjelasan Habibie, Jokowi lantas mendoakan agar Habibie selalu diberikan kesehatan. Menurut calon presiden nomor 01 itu, seluruh masyarakat Indonesia mendoakan agar Habibie lekas sembuh.

"Kalau ada hal-hal yang diperlukan kami juga sudah perintahkan kepada Mensesneg untuk pelayanan kesehatan yang dibutuhkan bapak kami siap untuk melayani," ujarnya.

Usai video conference, Jokowi mengatakan pihaknya ingin mendapatkan kabar tentang kondisi kesehatan Habibie. Menurut Jokowi, kesehatan Habibie dalam keadaan baik dan prima.

"Kita lihat semuanya tadi beliau kesehatannya prima dan kita doakan bersama beliau tetap diberikan kesehatan yang baik oleh Allah SWT," kata dia.
(ugo/ugo)