Prabowo Racik Strategi 'Dorongan Besar' demi Indonesia Menang

tst, CNN Indonesia | Senin, 14/01/2019 20:50 WIB
Prabowo Racik Strategi 'Dorongan Besar' demi Indonesia Menang Prabowo Subianto saat acara pidato kebangsaan di JCC, Jakarta, Senin (14/1). (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menyatakan sudah telah memiliki strategi yang dia namakan 'dorongan besar' untuk mewujudkan visi Indonesia menang. Strategi itu ditegaskan Prabowo akan diterapkan jika memenangkan Pilpres 2019.

"Untuk mewujudkan Indonesia menang, kita akan menjalankan strategi khusus yang saya beri nama strategi dorongan besar," kata Prabowo dalam pidato kebangsaan di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Senin (14/1).

Prabowo tak merinci lebih lanjut soal strategi dorongan besar itu. Dia hanya menekankan pentingnya bekerja dalam strategi tersebut.


"Kita tidak mau kerja dan tidak boleh bekerja dan tidak bisa bekerja setengah-setengah. Kita harus bekerja dengan keras," ujarnya.

Menurut Prabowo, strategi itu dapat membawa Indonesia mewujudkan sejumlah hal seperti swasembada energi, swasembada air bersih, termasuk membangun lembaga pemerintahan yang kuat dan pertahanan yang kokoh.

Prabowo melanjutkan pidatonya dengan menyampaikan lima fokus utama untuk mewujudkan Indonesia menang. Dia menyebutnya sebagai lima fokus utama program kerja nasional.

Strategi pertama adalah mewujudkan ekonomi yang mengutamakan rakyat. Prabowo berkata ekonomi harus untuk rakyat.

"Bukan rakyat untuk ekonomi. Ekonomi yang mengutamakan rakyat harus ekonomi yang adil, yang bisa memberikan kesejahteraan, kemakmuran kepada seluruh rakyat bukan segelintir orang saja," katanya.

"Ekonomi kita juga setelah memakmurkan orang Indonesia tapi kita harus jaga lingkungan kita, menjaga sungai kita, menjaga pantai kita," ucap Prabowo.

Fokus pertama ini Prabowo memaparkan sejumlah keinginannya seperti membuat mobil nasional, pesawat nasional, dan menyetop aliran uang ke luar negeri.

Selain itu, Prabowo menjadikan program perang terhadap kemiskinan sebagai fokus kedua. Lalu, Prabowo berkata fokus ketiga adalah memastikan keadilan dan hukum dijalankan sebaik-baiknya, serta menjamin hak seperti kemerdekaan berserikat dan berpendapat sebagaimana dijamin konstitusi.

Fokus keempat Prabowo adalah menjadikan Indonesia rumah yang aman bagi semua rakyatnya. Fokus kelima, kata Prabowo adalah penguatan karakter dan kepribadian bangsa. (tst/wis)