BPN: Pidato Prabowo Jawaban Ketidakmampuan Jokowi Urus Negara

CNN Indonesia | Selasa, 15/01/2019 20:49 WIB
BPN: Pidato Prabowo Jawaban Ketidakmampuan Jokowi Urus Negara Pidato Prabowo disebut BPN untuk mengkritik kinerja Jokowi. (CNN Indonesia/Abi Sarwanto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Ferdinand Hutahahean, mengatakan pidato kebangsaan 'Indonesia Menang' yang disampaikan oleh Prabowo merupakan solusi dan jawaban atas kerusakan negara yang diakibatkan ketidakmampuan Joko Widodo dalam mengurus negara.

Pernyataan ini disampaikan Ferdinand merespons anggapan sejumlah pengamat politik dan Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin yang menilai pidato Prabowo hanya retorika tanpa solusi konkret bagi bangsa Indonesia.

"Justru yang disampaikan (Prabowo) itu semua solusi dan jawaban atas kerusakan bangsa yang diakibatkan Jokowi tidak mampu urus negara ini," kata Ferdinand kepada CNNIndonesia.com, Selasa (15/1).


Ia pun mempersilakan semua pihak untuk menilai dan berpendapat tentang isi pidato kebangsaan 'Indonesia Menang' yang disampaikan Prabowo.


Namun, menurutnya, BPN menangkap bahwa masyarakat memberikan respons positif terhadap pidato Prabowo itu. Ferdinand berkata hal itu diketahui pihaknya berdasarkan hasil pemantauan di media sosial dan percakapan di tengah masyarakat.

"Semua orang bisa menilai, berbicara, dan memberikan pendapat. Namun yang kami tangkap dari percakapan di media sosial dan tengah masyarakat pidato Prabowo semalam sesungguhnya sangat menjawab keluhan masyarakat," katanya.

Ferdinand juga menyampaikan bahwa pidato kebangsaan 'Indonesia Menang' Prabowo berisi tentang garis besar masalah-masalah yang dihadapi Indonesia saat ini.

Menurutnya, hal-hal detail terkait langkah yang akan diambil oleh Prabowo bersama calon wakil presidennya Sandiaga Uno akan dapat dilihat dalam eksekusi kebijakan nantinya.

BPN: Pidato Prabowo Jawaban Ketidakmampuan Jokowi Urus NegaraJubir BPN Prabowo-Sandi, Ferdinand menegaskan pidato Prabowo sindir Jokowi. (CNN Indonesia/Hesti Rika)

Namun Ferdinand juga mempersilakan pihak-pihak yang ingin mendalami isi pidato kebangsaan 'Indonesia Menang' tersebut.

"Yang disampaikan Prabowo garis besar, kalau bicara detail ya nanti dalam eksekusi kebijakan. Tapi kalau ada yang mau diskusi dengan kami soal detailnya seperti apa, silakan kami akan jawab," tuturnya.

Sebelumnya, Juru Kampanye Nasional TKN Jokowi-Ma'ruf, Dedek Prayudi menilai pidato kebangsaan 'Indonesia Menang' Prabowo hanya bertujuan untuk mengkritik pemerintahan Jokowi tanpa memiliki dasar yang kuat.


Ia menyindir pidato Prabowo itu hanya terkesan sebagai retorika untuk menghibur para pendukungnya ketimbang memberikan solusi konkret bagi bangsa Indonesia.

"Pidato beliau retoris, jadi beliau hanya terkesan ingin meng-entertain pendukungnya, tapi minim solusi," kata Dedek saat dihubungi CNNIndonesia.com, Selasa (15/1).

Senada, pengamat politik dari Universitas Padjadjaran Firman Manan mengatakan Prabowo seharusnya menyertakan solusi dalam setiap kritik yang dilontarkan terhadap kinerja pemerintahan Jokowi.

Dia juga berkata, Prabowo harus menonjolkan perbedaan program dari Jokowi yang merupakan calon presiden petahana.

"Posisi penantang tentu salah satu strategi kampanyenya adalah mengkritisi pemerintahan, tapi tidak selesai mengkritisi (harus) memberikan alternatif solusi. Dia juga harus menunjukkan perbedaan dengan apa yang sudah dilakukan pemerintahan saat ini," kata Firman saat berbincang dengan CNNIndonesia.com, Selasa (16/1).

(mts/DAL)