Jadwal Debat Capres-Cawapres Perdana di Pilpres 2019

CNN Indonesia | Rabu, 16/01/2019 16:54 WIB
Jadwal Debat Capres-Cawapres Perdana di Pilpres 2019 Paslon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Ma'ruf Amin akan saling beradu pandangan di debat perdana Pilpres 2019.(CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Debat perdana capres-cawapres Pilpres 2019 dijadwalkan digelar pada Kamis (17/1) malam. Bertempat di Hotel Bidakara, Jakarta debat perdana capres ini bakal mempertemukan pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dengan pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Cek jadwal debat perdana capres 2019 di sini.

Debat ini bakal jadi yang pertama selama gelaran Pilpres 2019. Komisi Pemilihan Umum (KPU) sendiri sudah mengagendakan empat debat lagi dalam kurun sekitar dua bulan ke depan dengan tema yang berbeda-beda.

Untuk debat capres perdana ini ada empat tema yang diangkat, yakni hukum, hak asasi manusia (HAM), korupsi, dan terorisme. Para pasangan calon bakal menjawab pertanyaan dari moderator.


Mantan pembawa berita Ira Koesno dan Imam Priyono sudah diplot sebagai moderator sekaligus memandu jalannya debat pertama ini.

Jadwal debat perdana ini adalah Kamis 17 Januari pukul 20.00 WIB. dan wajib disiarkan 18 stasiun antara lain TVRI, RRI, Kompas TV, Rajawali TV, RCTI, GTV, MNC TV, iNews TV, Trans TV, Trans7, CNNIndonesia, MetroTV, SCTV, Indosiar, TVOne, ANTV, Berita Satu TV, dan Net TV.

Sementara Anda yang ingin menyaksikan secara streaming atau mengikuti live report bisa mengakses CNNIndonesia.com.

Ketua KPU Arief Budiman sebelumnya menjelaskan debat capres perdana 2019 akan dibagi ke dalam enam segmen.

Segmen pertama berisi pemaparan visi dan misi kandidat terkait tema yang didebatkan selama 23 menit 15 detik. Kemudian segmen dua dan tiga akan menjadi kesempatan kandidat menjawab pertanyaan dari tim panel. Masing-masing segmen berdurasi 15 menit 30 detik.

Segmen keempat dan kelima akan jadi kesempat kandidat untuk saling mencecar pertanyaan. Total durasi untuk saling cecar adalah 26 menit. Debat akan ditutup di segmen enam dengan pernyataan penutip dari masing-masing kandidat.

Materi debat capres perdana 2019 telah digodok oleh tim panel berisi delapan orang. KPU mengajukan empat orang, sedangkan masing-masing kandidat mengajukan dua orang.

Namun karena dinamika, tim panel dikurangi menjadi enam orang dengan komposisi empat orang ditunjuk KPU, dan masing-masing kandidat menunjuk satu orang panelis.

Untuk tim panel debat capres terdiri dari Hikmahanto Juwana (Guru Besar Hukum UI), Bagir Manan (Mantan Ketua MA), Ahmad Taufan Damanik (Ketua Komnas HAM), Bivitri Susanti (Ahli Tata Negara), Margarito Kamis (Ahli Tata Negara), dan Ketua KPK Agus Rahardjo.

Mereka bertugas merumuskan dua puluh pertanyaan. Setiap kandidat nantinya hanya akan ditanya tiga pertanyaan. Sesuai desain debat capres perdana yang baru, daftar pertanyaan itu dikirim ke setiap paslon sebelum debat.

"Kita ingin mengarahkan diskusi publik kita itu lebih mengarah ke diskusi soal substansi program atau isi. Jadi bukan lagi soal sontoloyo, genderuwo, wajah Boyolali, itu tidak penting dan sangat artifisial," kata Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi saat ditemui di Kantor KPU, Jakarta, Senin (7/1).

KPU mengatur debat perdana capres hanya akan dihadiri lima ratus orang undangan. Masing-masing kandidat dipersilakan mengundang seratus orang.

Sementara tiga ratus orang lainnya adalah undangan KPU. Di daftar ini, ada nama-nama tokoh seperti BJ Habibie, Megawati Soekarno Putri, Susilo Bambang Yudhoyono, Hamzah Haz, dan Boediono.

KPU juga menyediakan lokasi nonton bareng debat capres perdana 2019 yang dijadwalkan dimulai pukul 20.00 WIB ini di beberapa titik di sekitar Hotel Bidakara, Jakarta.


(dhf/osc)