KPK: Mas Novel Akan Bekerja Sama dengan Tim Gabungan

CNN Indonesia | Rabu, 16/01/2019 17:23 WIB
KPK: Mas Novel Akan Bekerja Sama dengan Tim Gabungan Ketua KPK Agus Rahardjo (kanan) menyebut penyidik Novel Baswedan (kiri) akan bekerjasama dengan tim gabungan kasus penyiraman air keras. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo menyatakan telah berkomunikasi dengan penyidik seniornya, Novel Baswedan, terkait tim gabungan penyelesaian kasus penyiraman air keras. Menurut Agus, Novel bakal membantu tim tersebut.

"Kita panggil Mas Novel. Mas Novel akan bekerja sama," ujar Agus di gedung KPK, Jakarta, Rabu (16/1).

Agus menyebut telah bertemu dengan tim gabungan tersebut bersama Wakil Ketua KPK Laode M Syarief. Dalam pertemuan itu pihaknya membahas sejumlah hal terkait penyelesaian kasus.


"Ya mudah-mudahan bisa diungkap dengan baik," katanya.

Sebelumnya, Polri membentuk tim gabungan yang diketuai oleh Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Idham Azis dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian sebagai penanggung jawab langsung.

Tim gabungan yang terdiri dari unsur polisi, KPK, serta unsur masyarakat itu sudah mulai bekerja sejak Senin (14/1). Terdapat 65 nama yang masuk dalam tim gabungan kasus air keras Novel.

Dilibatkan pula dalam tim itu anggota Densus 88 Antiteror Polri, tim dari KPK dan unsur masyarakat.

Pembentukan tim ini sebelumnya sempat dikritik oleh sekelompok masyarakat sipil pembela HAM. Tim gabungan itu dinilai hanya untuk kepentingan debat pilpres yang digelar pada Kamis (17/1) besok.

Di sisi lain, pembentukan tim gabungan mestinya juga diinisiasi Presiden Joko Widodo. Dengan begitu tim bertanggung jawab langsung melaporkan langsung ke Jokowi apa saja yang telah ditemukan dan juga hambatan yang ditemui.



(pris/pris)