Yenny Wahid Klaim Suara Jokowi-Ma'ruf Naik di Jawa Barat

CNN Indonesia | Kamis, 17/01/2019 01:35 WIB
Yenny Wahid Klaim Suara Jokowi-Ma'ruf Naik di Jawa Barat Putri Gus Dur Yenny Wahid klaim suara Jokowi naik di pilpres 2019. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Yenny Wahid mengklaim dari hasil blusukan yang ia lakukan, ada kenaikan suara bagi pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin di sejumlah daerah.

Putri kedua Presiden RI keempat Abdurrahman Wahid atau Gus Dur ini diketahui menjadi bagian dari timses pasangan Jokowi-Ma'ruf. Yenny Wahid secara resmi memutuskan untuk mendukung Jokowi-Ma'ruf dalam Pilpres 2019.

Yenny menyampaikan selama ini dirinya memang fokus untuk mengurus berbagai deklarasi dukungan untuk pasangan Jokowi-Ma'ruf di berbagai daerah.


"Alhamdulillah ada peningkatan di tempat yang kita datangi, animonya luar biasa," kata Yenny di Balai Kota Jakarta, Rabu (16/1).


Bahkan, menurut Yenny, di daerah-daerah di mana Jokowi kalah pada Pilpres 2014 silam, kini suaranya telah naik. Daerah-daerah itu, kata Yenny di antaranya di wilayah Jawa Barat dan Jawa Timur.

"Ada beberapa daerah yang dulunya Pak Jokowi kalah Pilpres lalu, insya Allah akan naik," ujarnya.

Yenny menuturkan pihaknya juga akan mempertahankan suara di daerah-daerah yang sebelumnya telah dimenangkan di Pilpres sebelumnya saat Jokowi saat berpasangan dengan Jusuf Kalla.

Lebih dari itu, ia juga mengungkapkan pihaknya masih akan terus melakukan blusukan ke berbagai daerah untuk memastikan kemenangan Jokowi di Pilpres 2019.

"Ada beberapa kantong-kantong suara yang akan kita garap," ucap Yenny.


Dapat Undangan capres perdana 2019

Yenny kemudian mengaku mendapat undangan untuk hadir dalam debat perdana capres 2019 esok malam. Meski mendapat undangan, Yenny enggan membeberkan apakah dirinya akan hadir dalam acara debat perdana tersebut atau tidak.

Yenny mengaku memberikan pesan atau kiat khusus kepada Jokowi-Ma'ruf untuk menghadapi debat pilpres. Pasalnya, Yenny menilai Jokowi sudah menguasai permasalahan yang nantinya akan dibahas pada saat pelaksanaan debat.

"Saya rasa pak Jokowi sudah sangat menguasai permasalahan," ujarnya.

Lebih dari itu, Yenny berharap agar debat capres perdana capres tersebut bisa memberikan pencerahan kepada masyarakat dalam menentukan pilihannya. Yenny juga berharap debat capres bisa menghilangkan hoaks yang selama ini beredar, khususnya terkait hoaks tentang kinerja pemerintahan.


Sementara itu, Gubernur Jawa Timur terpilih Khofifah Indar Parawansa mengaku tak akan hadir dalam debat capres perdana pilpres 2019 tersebut.

Namun, ia menyebut akan mengikuti proses debat perdana itu. Khofifah juga mengungkapkan akan menggelar nonton bareng debat capres perdana itu.

"Saya sudah bilang sama temen-temenku ntar aku di kasih tempat ya kita nobar kayaknya di jalan raya Magelang Jogja," kata Khofifah di Balai Kota Jakarta, Rabu (16/1).

Debat Pilpres 2019 edisi perdana akan digelar esok, Kamis (17/1) di Hotel Bidakara. Tema yang diangkat dalam debat kali ini adalah penegakan hukum, HAM, korupsi, dan terorisme.

Ikuti livestreaming, live report, dan cek fakta debat capres 2019 di CNNIndonesia.com pada 17 Januari 2019 mulai pukul 19.00 WIB.

(DAL/DAL)