Persiapan 'Mantul' Jokowi Jelang Debat Capres Perdana 2019

CNN Indonesia | Kamis, 17/01/2019 11:35 WIB
Persiapan 'Mantul' Jokowi Jelang Debat Capres Perdana 2019 Capres nomor urut 01 usai bertemu jajaran ketua umum parpol pendukung. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mengenakan peci hitam dengan baju koko berwarna putih, Presiden Joko Widodo berjalan bersama Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum NasDem Surya Paloh dari sebuah restoran di kawasan Menteng, Jakarta, Selasa (15/1) malam. Hari itu dua hari jelang debat capres dan cawapres.

Malam itu Jokowi baru saja berbincang sembari santap malam bersama ketua umum dan sekretaris jenderal partai koalisi pendukung di pemilihan presiden (Pilpres) 2019. Salah satu hal yang dibahas adalah persiapan menghadapi debat capres dan cawapres.

Usai pertemuan dengan petinggi partai koalisi, Jokowi mengaku tak memiliki persiapan khusus, apalagi untuk latihan debat. "Debat aja pakai latihan," kata Jokowi sambil berseloroh.



Dua hari menjelang debat capres perdana Jokowi memang tak memiliki agenda kenegaraan. Aktivitas orang nomor satu di Indonesia itu bersifat internal. Disinyalir Jokowi bersama pasangannya Ma'ruf Amin mempersiapkan diri jelang debat perdana.

Hanya kemarin, Rabu (16/1) pagi, capres nomor 01 itu membuka acara Program Wirausaha ASN dan Pensiunan di Sentul International Convention Center (SICC) di Bogor, Jawa Barat. Selepas acara itu, Jokowi kembali ke Istana Bogor.

Tak diketahui pasti kegiatan ayah tiga anak itu selama berada di Istana Bogor. Menjelang sore beredar kabar Jokowi akan melakukan persiapan debat perdana bersama Ma'ruf Amin di Ballroom Djakarta Teather, Jakarta.



Jokowi tiba di lokasi tersebut sekitar pukul 19.00 WIB. Mantan wali kota Solo itu lagi-lagi mengenakan peci hitam dengan balutan kemeja putih lengan panjang dan celana panjang hitam. Dia langsung bergegas masuk lantaran Ma'ruf telah lebih dahulu hadir.

Selama sekitar tiga jam Jokowi dan Ma'ruf melakukan pemantapan mulai dari masalah teknis hingga substansi materi debat capres dan cawapres perdana yang mengangkat tema: hukum, hak asasi manusia (HAM), korupsi, dan terorisme.

Pemantapan debat perdana ini turut dihadiri penasihat hukum Jokowi-Ma'ruf yang juga Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra. Jokowi merasa percaya diri menghadapi debat perdana melawan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

"Namanya pemantapan, ya mantap lah. Mantul, mantul (Red: mantap betul)," kata Jokowi.


Saat disinggung pakaian seperti apa yang bakal dipakai dirinya dan Ma'ruf saat debat perdana, Jokowi enggan membocorkan. Menurut Jokowi, yang pasti dirinya akan menggunakan pakaian.

"Ya yang jelas besok pake pakaian," ujarnya tertawa.

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Arsul Sani mengatakan tak ada pesan khusus Jokowi dengan memakai peci hitam selama dua hari ini atau jelang debat capres dan cawapres perdana.

Arsul menyebut Jokowi mengenakan peci hitam saat bertemu jajaran petinggi partai politik koalisi lantaran baru saja selesai melaksanakan salat Maghrib.

"Itu sebenarnya sudah menjadi kebiasaan beliau kalau bertemu tamu atau seseorang di sore atau ba'da Maghrib. Jadi enggak ada yang spesial sebetulnya," kata Arsul kepada CNNIndonesia.com.

Peci hitam juga tak lepas dari Jokowi serta Ma'ruf untuk foto di surat suara Pilpres 2019. Dalam foto yang terpasang di surat suara itu Jokowi dan Ma'ruf kompak mengenakan baju koko berwarna putih dengan peci hitam. Sementara Ma'ruf mengalungi serban di pundak.



Ikuti livestreaming, live report, dan cek fakta debat capres 2019 di CNNIndonesia.com pada 17 Januari 2019 mulai pukul 19.00 WIB. (fra/ain)