Jelang Debat Capres, Pengamanan Sekitar Bidakara Diperketat

CNN Indonesia | Kamis, 17/01/2019 11:49 WIB
Jelang Debat Capres, Pengamanan Sekitar Bidakara Diperketat Ilustrasi petugas keamanan. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pengamanan jelang debat capres dan cawapres mulai diperketat di sekitar Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1). Personel keamanan tersebar dalam radius sekitar 200-300 meter lokasi debat.

Pantauan CNNIndonesia.com, sejak pukul 09.00 WIB, ratusan personel keamanan berturut-turut datang ke lokasi. Personel kepolisian terdiri dari Polres Jakarta Selatan, Brimob, Sabhara, TNI, serta Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Kapolres Jakarta Selatan Kombes Indra Jafar mengatakan pengamanan bakal dibagi menjadi empat ring terdiri dari 2.000 personel gabungan TNI dan Polri. Ring 1 berada di Ruang Birawa, Hotel Bidakara yang merupakan lokasi utama debat capres.


"Ring dua itu di bawah, yang ring tiga itu pelataran sekitar Bidakara. Kemudian yang Ring 4 ini di luar, di jalan. Itu sudah kita bagi masing-masing," kata Indra di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1).


Di belakang gedung lokasi debat, sejauh ini tampak tiga mobil barracuda milik TNI dan dua mobil penyemprot air milik Sabhara.

"Untuk mencegah agar tidak terjadi apa-apa. Tentunya mari kita hargai pesta demokrasi ini. Jangan terpecah belah," kata Indra.

Dinas Kebersihan Pemprov DKI Jakarta juga mengirim 4-5 buah mobil toilet lengkap dengan mobil air. Semuanya ditempatkan di dekat lapangan sepak bola belakang Hotel Bidakara.

KPU menyiapkan dua layar besar untuk mereka yang telah datang namun tak memiliki undangan untuk masuk ke ruang debat. Layar lebar untuk pendukung Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga ditempatkan terpisah.

"Di lapangan bola sudah pasang dua screen yang tujuannya untuk ditonton massa paslon masing-masing. Memang dipisah kiri dan kanan," kata Indra.


Menurut keterangan staf KPU Ilham Purnama, sejauh ini ada sejumlah mantan presiden dan wakil presiden yang konfirmasi hadir dalam debat capres. Mereka adalah Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri dan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono. Sementara itu Presiden ke-3 Baharuddin Jusuf Habibie belum dipastikan hadir.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat capres Pilpres 2019 yang pertama pada malam hari ini, Kamis (17/1). Debat capres akan dimulai pada pukul 19.00 WIB dan disiarkan langsung oleh TVRI, Kompas TV, Rajawali TV, dan Radio Republik Indonesia (RRI).

Tema debat capres pertama adalah hukum, HAM, korupsi, dan terorisme. Sesuai kesepakatan bersama, masing-masing paslon dikirim pertanyaan oleh KPU pada 10 Januari lalu.


Ikuti livestreaming, live report, dan cek fakta debat capres 2019 di CNNIndonesia.com pada 17 Januari 2019 mulai pukul 19.00 WIB.

(fra/ain)