Polisi Siapkan Rekayasa Arus Lalin Saat Debat Capres Perdana

CNN Indonesia | Kamis, 17/01/2019 12:36 WIB
Polisi Siapkan Rekayasa Arus Lalin Saat Debat Capres Perdana Ilustrasi rekayasa lalu lintas. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah menyiapkan rekayasa arus lalu lintas saat kegiatan debat capres perdana 2019 berlangsung di Hotel Bidakara, Jakarta.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf mengatakan sebanyak 820 personel kepolisian akan dikerahkan untuk menjaga keamanan dan kelancaran lalu lintas di sekitar kawasan tersebut. Ratusan personel akan disebar di sejumlah titik.

Selain itu, pengamanan arus lalin juga akan berlangsung saat kedua pasangan calon yang akan mengikuti debat bertolak dari tempatnya masing-masing.



"Untuk Ditlantas Polda Metro guna pengaturan lalin di sekitar lokasi debat kita kerahkan 820 personel," ujarnya saat dikonfirmasi, Kamis (17/1).

Yusuf menambahkan kantong parkir sudah tersedia di Hotel Bidakara yang dapat menampung kurang lebih seribu kendaraan. Dari data yang dimilikinya sebanyak 300 tamu akan datang dari KPU dan 200 pendukung calon akan memenuhi lokasi debat.

Meski demikian, Yusuf mengimbau untuk mengantisipasi kemacetan supaya pendukung calon mau menyaksikan acara debat tersebut di posko pemenangan masing-masing.

"Diimbau untuk nobar di posko masing-masing karena yang bisa masuk hanya 200 orang saja," tuturnya.


Kepala Subbagian Administrasi Operasional Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Jamal Alam menambahkan sejumlah rekayasa lalin sudah disiapkan di sejumlah titik yang mengarah ke Pancoran.

Polisi Siapkan Rekayasa Arus Lalin Saat Debat Capres PerdanaPetugas menyiapkan panggung debat capres-cawapres 2019 yang akan digelar di Hotel Bidakara, Jakarta. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Pertama, penutupan jalan di pertigaan Jalan Prof. DR Soepomo dengan Jalan Catur. Kendaraan dari arah Pancoran ke Tebet diluruskan, tak bisa belok kiri ke arah Jalan Catur.

Di pertigaan Jalan Tabanas dengan Jalan Deposito 2. Lalu di pertigaan Jalan Rasamala dengan Jalan Mandala Raya.

Di pertigaan Jalan Gatot Subroto arah ke Cawang dengan Jalan Rasamalia, dibuka seperti biasa karena menjadi satu-satunya akses menuju ke Hotel Bidakara.

Selain itu, Jamal mengatakan jalur di sekitar Hotel Bidakara akan disterilisasi untuk faktor keamanan.

"Jadi, pada pukul 15.00 WIB itu disterilisasi dahulu jalurnya (di sekitar Hotel Bidakara), untuk start para paslon itu pukul 18.00 WIB hingga tiba di lokasi pukul 19.00 WIB, pukul 20.00 WIB live debat sampai 22.00 WIB," ujarnya.


Sejumlah rute kedatangan capres juga akan diamankan dari titik keberangkatan. Adapun rute capres nomor urut satu akan dimulai dari Istana Bogor-Tol Jagorawi-Tol Dalam Kota-Keluar Offramph Tegal Parang-Putar Arah TL Kuningan-Jalan Gatot Subroto-Jalan Rasamala Raya-Finish Gedung Bidakara.

Namun dia juga dapat memulainya dari Istana Negara-Jalan Merdeka Barat-Bundaran Patung Kuda-Jalan MH Thamrin-Bundaran HI-Jalan Jenderal Sudirman-Simpang Susun Semanggi-Jalan Gatot Subroto-Jalan Rasamala Raya-Finish Gedung Bidakara.

Sementara itu, untui rute cawapres nomor urut satu akan dimulai dari Jalan Situbondo-Jalan M Yamin-Jalan HOS Cokroaminoto-Jalan Rasuna Said-TL Kuningan-Jalan Gatot Subroto-Jalan Rasamala Raya-Finish Gedung Bidakara.

Sementara itu untuk rute capres 02 akan dimulai dari Jalan Kertanegara-Jalan Pattimura-Putar Arah di TL Pati-jalan Pattimura-Bundaran Senayan-Jalan Jenderal Sudirman-Naik Lingkaran Semanggi-Jalan Gatot Subroto-Jalan Rasmala Raya-Finish Gedung Bidakara.

Rute cawapres 02 akan dimulai dari Jalan Wijaya-Jalan Iskandarsyah Raya-Jalan Pattimura-Bunderan Senayan-Jalan Jenderal Sudirman-Naik Lingkaran Semanggi-Jalan Gatot Subroto-Jalan Rasamala Raya-Finish Gedung Bidakara.


Ikuti livestreaming, live report, dan cek fakta debat capres 2019 di CNNIndonesia.com pada 17 Januari 2019 mulai pukul 19.00 WIB. (gst/pmg)