BPN Yakin Jokowi tak Lempar 'Pertanyaan Musiman' ke Prabowo

CNN Indonesia | Kamis, 17/01/2019 13:19 WIB
BPN Yakin Jokowi tak Lempar 'Pertanyaan Musiman' ke Prabowo Wakil Ketua BPN, Priyo Budi Santoso meyakini tak ada lagi pertanyaan untuk Prabowo soal tudingannya di pelanggaran HAM berat masa lalu. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Priyo Budi Santoso memprediksi paslon petahana tak akan bertanya soal dugaan keterlibatan pelanggaran HAM masa lalu kepada Prabowo dalam debat capres malam nanti.

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat capres pertama Pilpres 2019 dengan tema hukum, HAM, korupsi, dan terorisme di Bidakara pada pukul 19.00 WIB, Kamis (17/1).

"Saya tidak yakin akan dapatkan pertanyaan seperti itu," ucap Priyo di Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1).



Kendati demikian, Priyo mengklaim Prabowo telah menyiapkan jawaban jika pada akhirnya Jokowi akan melempar pertanyaan yang disebutnya ' pertanyaan musiman' tersebut.

"Termasuk pertanyaan musiman. Setiap musim pemilu pasti muncul. Kalau muncul lagi, kami sudah siapkan jawaban, karena problematika itu sudah klir," lanjutnya.

Namun Priyo mengamini bahwa pihaknya tidak mengetahui apa yang akan ditanyakan oleh Jokowi-Ma'ruf kepada Prabowo-Sandi soal HAM. Terpenting, kata dia, Prabowo-Sandi telah menyiapkan segala jawaban.

BPN Yakin Jokowi tak Lempar 'Pertanyaan Musiman' ke PrabowoPriyo Budi Santoso. (CNN Indonesia/Bimo Wiwoho)

Dalam debat capres nanti KPU memberikan kesempatan kepada masing-masing paslon untuk saling bertanya. Sesi tanya jawab antarpaslon akan berlangsung pada sesi keempat dan kelima. Sebelum sesi itu bergulir, setiap paslon wajib menjabarkan visi dan misinya terkait hukum, HAM, korupsi, dan terorisme jika terpilih.

Priyo mengklaim pihaknya lebih ingin menggali visi dan misi lawan terkait hukum, HAM, korupsi, dan terorisme. Menurutnya, hal itu lebih baik daripada menanyakan hal-hal yang bersifat personal.

"Karena ini debat negarawan. Kalau dari sisi kami tak bertanya sifat personal, tapi substansi visi dan misi," ucap Priyo.

KPU menghelat debat capres pertama Pilpres 2019 di Bidakara, Jakarta pada hari ini, Kamis (17/1). Debat akan dimulai sekitar pukul 19.00 WIB dan disiarkan langsung oleh beberapa stasiun televisi swasta.

Sementara itu dari luar arena, pengamanan jelang debat mulai diperketat. Personel keamanan tersebar dalam radius sekitar 200-300 meter lokasi debat.

Pantauan CNNIndonesia.com, sejak pukul 09.00 WIB, ratusan personel keamanan berturut-turut datang ke lokasi. Personel kepolisian terdiri dari Polres Jakarta Selatan, Brimob, Sabhara, TNI, serta Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Kapolres Jakarta Selatan Kombes Indra Jafar mengatakan pengamanan bakal dibagi menjadi empat ring terdiri dari 2.000 personel gabungan TNI dan Polri. Ring 1 berada di Ruang Birawa, Hotel Bidakara yang merupakan lokasi utama debat capres.

"Ring dua itu di bawah, yang ring tiga itu pelataran sekitar Bidakara. Kemudian yang Ring 4 ini di luar, di jalan. Itu sudah kita bagi masing-masing," kata Indra di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1).


Ikuti livestreaming, live report, dan cek fakta debat capres 2019 di CNNIndonesia.com pada 17 Januari 2019 mulai pukul 19.00 WIB. (bmw/ain)