Sosok Pengusaha yang Sewa Vanessa Angel Bakal Diungkap

CNN Indonesia | Kamis, 17/01/2019 13:00 WIB
Sosok Pengusaha yang Sewa Vanessa Angel Bakal Diungkap Polisi tidak menjerat pengusaha asal Lumajang yang menyewa jasa Vanessa Angel dengan alasan tak ada regulasi yang mengatur jerat pelanggan prostitusi online. (Detikcom/Hanif Hawari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Misteri sosok pria yang menggunakan jasa artis film televisi (FTV) Vanessa Angel akan terungkap seiring proses hukum kasus prostitusi online, yang kini berjalan di Polda Jatim, dilimpahkan ke persidangan.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera memastikan pria tersebut nantinya akan ditampilkan ke hadapan publik. Itu terjadi jika kelak kasus yang menyeret Vanessa Angel memasuki persidangan.

"Nanti akan ditampilkan. Pasti ditampilkan. Pengadilan sudah bicara bahwa akan ditampilkan. Pasti akan ditampilkan," kata Barung saat ditemui di Mapolda Jatim, Kamis (17/1).

Barung tidak secara tegas menjelaskan nasib dan status hukum dari pria penyewa jasa Vanessa. Dia hanya mengatakan penyidik saat ini sudah cukup mendapat keterangan darinya.


Jika kasus Vanessa sudah dibawa ke meja hijau, kata Barung, pengguna jasa Vanessa akan dihadirkan sebagai saksi di persidangan.

Pria yang diketahui sebagai pengusaha itu hingga kini statusnya masih sebagai saksi. Polisi menganggap tak ada regulasi ataupun undang-undang yang bisa menjeratnya sebagai tersangka.

"Tolong tunjukkan kepada saya apakah itu Undang-undang trafficking, apakah itu UU lainnya, sampaikan ke saya UU-nya, barang siapa laki-laki yang menggunakan prostitusi akan dihukum, tidak ada," kata dia.

"Termasuk pula UU tentang perzinahan, syaratnya istrinya harus melapor, karena itu adalah delik aduan murni. Jadi siapapun yang melakukan delik aduan itu, dia haruslah istrinya yang melapor," tambah dia.

Sosok Pengusaha yang Sewa Vanessa Angel Bakal Diungkap PolisiVanessa Angel resmi ditetapkan sebagai tersangka. (CNN Indonesia/Farid Miftah Rahman)

Menjawab pernyataan Komnas Perempuan yang meminta polisi mendalami dugaan pria itu juga melakukan eksploitasi terhadap Vanessa, Barung lagi-lagi membantahnya.

"Itu kan pendapat Komnas Perempuan, silahkan anda berpendapat tapi yang jelas bahwa konstitusi itu gak ada, regulasinya tidak ada," kata Barung.

Kasubdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jawa Timur AKBP Harissandi sebelumnya telah mengungkap bahwa pria pengguna jasa prostitusi online Vanessa adalah pria bernama Rian.

Rian, kata Harissandi, merupakan pengusaha kelas kakap berusia 45 tahun yang memiliki lahan pertambangan di Lumajang, Jawa Timur.

Penyidik sempat memeriksa Rian usai digerebek di salah satu hotel di Surabaya bersama Vanessa Angel.

Rian kemudian dilepas polisi hanya dalam hitungan jam. Sementara Vanessa Angel harus diperiksa hingga lebih dari 25 jam lamanya.

Harissandi mengatakan pemeriksaan intens terhadap artis FTV itu dilakukan lantaran Vanessa diduga terhubung dengan sebuah jaringan prostitusi. Sementara Rian dilepas karena hanya berperan sebagai pelanggan.

"Kenapa lebih lama, kami ingin mengungkap jaringannya. Pengungkapan jaringan itu ya semuanya kami buka. Yang mengerti jaringan adalah muncikari dan saksi korban dua orang artis ini," ujar Harissandi.
(frd/gil)