TKN: Jokowi-Maruf Akan Jaga Kehormatan Prabowo-Sandi di Debat

CNN Indonesia | Kamis, 17/01/2019 13:36 WIB
TKN: Jokowi-Maruf Akan Jaga Kehormatan Prabowo-Sandi di Debat Bakal calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo (tengah)-Ma'ruf Amin. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta, CNN Indonesia -- Direktur Program Tim Kampanye Nasional Aria Bima mengatakan bahwa Joko Widodo-Ma'ruf Amin tidak akan mengajukan pertanyaan yang bersifat menyudutkan secara personal kepada Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dalam debat capres-cawapres perdana 2019 malam ini Kamis (17/1). 

Debat yang digelar di Hotel Bidakara ini mengangkat tema terkait Hukum, Korupsi, Terorisme, dan HAM.


Sebelumnya, Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi Priyo Budi Santoso yakin Jokowi-Ma'ruf tidak akan bertanya soal keterlibatan Prabowo dalam pelanggaran HAM masa lalu. 

"Tetap kita jaga kehormatannya lah. Ini bukan masalah kepandaian menarasikan debat di atas panggung, tapi bagaimana ke depan kesungguhan dan integritas pemimpin," ujar Aria di Bidakara, Jakarta, Kamis.

Meski begitu, Aria tak bisa menjamin Jokowi dan Ma'ruf tidak akan menyinggung dugaan keterlibatan Prabowo dengan pelanggaran HAM masa lalu. Menurut dia, itu semua bergantung sejauh mana sesi debat capres berlangsung.

Aria lantas mengklaim Jokowi-Ma'ruf sudah siap menghadapi segala jenis pertanyaan dari lawan. Kata dia, Prabowo subianto-Sandiaga Uno tidak akan mengajukan pertanyaan yang baru. Aria menilai pertanyaan lawan sama dengan apa yang selama ini telah beredar diperbincangkan di khalayak publik.

"Ya paling yang sudah sering diberitakan selama ini dan di media sosial. Dari yang sekelas Amien Rais sampai kampret-kampret. Kami sudah siapkan semua jawabannya," kata Aria.

Diketahui, sebelum segmen saling bertukar pertanyaan dimulai, KPU mewajibkan paslon menyampaikan visi dan misi. Tentu berkaitan dengan tema debat, yakni hukum, HAM, korupsi dan terorisme.

Aria mengatakan penyampaian visi dan misi dalam segmen pertama debat capres hanya akan dilakukan oleh Jokowi. Ma'ruf Amin hanya akan menambahkan apa yang disampaikan Jokowi.

"Teknis penyampaian visi dan misi oleh presiden. Kiai Ma'ruf akan lebih memberikan penguatan," ucap Aria.

Jokowi dan Ma'ruf, lanjut Bima, bakal menyampaikan hal-hal terkait hukum, HAM, korupsi dan terorisme secara komprehensif. Tidak hanya pencapaian, tetapi juga mensinergikan dengan visi dan misi yang akan dilaksanakan jika terpilih.

Program-program yang akan dijalankan secara konkret juga bakal dipaparkan. Dengan kata lain, Jokowi-Ma'ruf tidak sekadar menyampaikan visi dan misi yang tekstual.

"Tapi juga akan sampaikan capaian-capaian sebagai suatu fondasi 2019-2024. Jadi ini Nawacita 2019-2024," kata Aria.

Ikuti livestreaming, live report, dan cek fakta debat capres 2019 di CNNIndonesia.com pada 17 Januari 2019 mulai pukul 19.00 WIB. 


(bmw/dea)