Kutip Pidato Bung Karno, Ahok Serukan Ahokers Bela Pancasila

wis, CNN Indonesia | Kamis, 17/01/2019 18:17 WIB
Kutip Pidato Bung Karno, Ahok Serukan Ahokers Bela Pancasila Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. (AFP PHOTO / BAY ISMOYO)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok terinspirasi dengan Presiden pertama RI Sukarno. Dia pun tak segan-segan mengutip pidato Bung Karno untuk mengajak pendukungnya yang dikenal dengan sebutan Ahokers menjadi pembela Pancasila.

Di secarik kertas Ahok menulis dirinya meminjam pidato Bung Karno sebagai pesan kepada Ahokers. Pidato Bung Karno itu termaktub dalam buku Revolusi Belum Selesai: Kumpulan Pidato Presiden Soekarno 30 September 1965-Pelengkap Nawaksara.

"Apa yang Presiden Sukarno sampaikan, aku harap juga diterima menjadi pikiran dan harapan aku kepada seluruh Ahokers di manapun domisili saudara," tulis Ahok yang diunggah di akun Instagram basukibtp, Kamis (17/1).


Ahok melanjutkan tulisannya dengan menulis rangkaian pidato Sukarno itu. Dalam pidatonya seperti ditulis Ahok, Sukarno berkata bahwa Pancasila adalah jiwa kita. Pancasila juga disebut menjadi jiwa Angkatan Bersenjata Republik Indonesia --kini TNI.

"Dan selama Angkatan Bersenjata Rebulik Indonesia berjiwa Pancasila, Insyaallah enggak akan tetap kuat, tetap kuat dan sentosa..." tulis Ahok mengutip pidato Sukarno.

"Engkau adalah penegak daripada Pancasila. Dan setialah kepada Pancasila itu, pegang teguh kepada Pancasila, membela Pancasila, bahkan sebagaimana kukatakan lagi tadi, saudara-saudara laksana panggilan yang aku dapat daripada alasan untuk memegang teguh kepada Pancasila ini."

Ahok lantas menutup tulisannya dengan dua baris paragraf berisi motivasi kepada para Ahokers.

"Majulah demi kebenaran, perikemanusiaan dan keadilan. Ingatlah sejarah dan tujuan para proklamator dirikan negeri. MERDEKA!" 

(wis/wis)