Bamsoet Harap Debat Capres 2019 Tak Bahas HAM Per Kasus

tst, CNN Indonesia | Kamis, 17/01/2019 19:51 WIB
Bamsoet Harap Debat Capres 2019 Tak Bahas HAM Per Kasus Ketua DPR Bambang Soesatyo berharap debat capres perdana tak menimbulkan perpecahan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo tiba di lokasi debat capres perdana Pilpres 2019 yang berlokasi si Hotel Bidakara, Jakarta Selatan.

Bamsoet tiba sekitar pukul 18.30 WIB dengan mengenakan setelan batik cokelat.

"Harapan saya tetap kompak, ya, setelah debat kedua pasangan calon," kata Bamsoet setibanya di lokasi, Kamis (17/1).


Dia juga berharap dalam debat capres nanti pasangan calon Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dan Jokowi-Ma'ruf Amin bisa memaparkan gambaran ke depan jika terpilih menjadi presiden kelak.

Tak hanya itu Bamseoet berpesan agar kedua pasangan calon tidak membeberkan persoalan HAM kasus per kasus. Tetapi secara menyeluruh.

"Sebaiknya tidak bahas (HAM) kasus per kasus, tapi secara menyeluruh," katanya.

Selain Bambang, di lokasi juga telah hadir beberapa petinggi partai politik seperti Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, Ketua Hanura Oesman Sapta Oedang, hingga Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Djoko Santoso.

Debat capres perdana digelar di Ruang Bidara, Hotel Bidakara, Jakarta, malam ini. Debat akan berlangsung selama 120 menit, terbagi dalam enam segmen. 

Ira Koesno dan Imam Prayitno didapuk sebagai moderator debat. Komisi Pemilihan Umum juga telah memilih enam orang dari berbagai latar belakang sebagai panelis.

Keenam panelis itu adalah Hikmahanto Juwana (Guru Besar Hukum UI), Bagir Manan (Mantan Ketua MA), Ahmad Taufan Damanik (Ketua Komnas HAM), Bivitri Susanti (Ahli Tata Negara), Margarito Kamis (Ahli Tata Negara), dan Ketua KPK Agus Rahardjo. Mereka bertugas untuk menyusun pertanyaan yang akan diajukan pada paslon. 

Pemilihan moderator dan panelis debat berdasarkan kesepakatan dari Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf dan BPN Prabowo-Sandiaga. (tst/wis)