Kenangan CT dan Persahabatan JK-Mar'ie Muhammad

CNN Indonesia | Jumat, 18/01/2019 04:22 WIB
Kenangan CT dan Persahabatan JK-Mar'ie Muhammad Founder and Chairman CT Corp, Chairul Tanjung. (CNN Indonesia/Tri Wahyuni)
Jakarta, CNN Indonesia -- Founder and Chairman CT Corp, Chairul Tanjung punya kisah khusus tentang kedekatannya dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). CT, sapaan akrabnya mengatakan, kedekatannya itu tak lepas dari peran mantan Menteri Keuangan era Presiden Soeharto, mendiang Mar'ie Muhammad.

JK dikenal bersahabat dengan Mar'ie. Bahkan setiap kunjungan ke Makassar, kata CT, JK selalu menyambut Mar'ie. Dari situlah kedekatannya dengan JK muncul.

"Dulu saya cukup dekat sama Pak Mar'ie, dia suka ajak saya pergi juga. Di situlah mulai dekat dengan Pak JK," ujar CT dalam acara kuliah umum yang juga dihadiri JK di Hotel Mandarin Oriental Jakarta, Kamis (17/1).


Kedekatannya bermula ketika CT tengah berbincang dengan JK dan Mar'ie di sebuah hotel di Makassar. Namun, di sela obrolan, Mar'ie mendadak izin untuk kembali ke kamar. Ditunggu hingga berjam-jam Mar'ie tak kunjung kembali.
"Mau enggak mau kami berdua (dengan JK) ngobrol, diskusi, sharing pengalaman. Di situ persahabatan kita akrab," katanya.

Terlepas dari hubungan keduanya, CT juga menceritakan kedekatan JK dengan Mar'ie yang sempat merenggang saat krisis tahun 1998. Cerita itu disebut sebagai salah satu pengalaman yang paling membekas di ingatannya.

Saat itu, kata CT, Mar'ie mendapat masukan untuk menerapkan kebijakan blanket guarantee atau jaminan pada bank-bank yang saat itu bermasalah. Namun, JK saat itu menjadi orang yang paling menentang kebijakan tersebut.

"Persahabatan Pak JK dan Pak Mar'ie merenggang. Saya sampai disuruh jadi penengah," tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, JK mengakui bahwa dirinya memang menentang keras kebijakan blanket guarantee. Ia saat itu meminta Mar'ie untuk membatalkan kebijakan tersebut.
"Dulu saya sampaikan pada Chairul itu, sama blanket guarantee itu musuh bebuyutan," ucap JK.

Orang nomor dua di Indonesia itu mengatakan kerap berdebat dengan Mar'ie hingga sama-sama kelelahan. Ia bersyukur ketika akhirnya ada peraturan perundang-undangan yang tidak membolehkan kebijakan tersebut.

"Alhamdulillah sudah ada undang-undang yang untuk krisis perbankan tidak boleh ada blanket guarantee oleh pemerintah, sehingga aman sudah blanket guarentee," ucap JK.

Menurut JK, CT memang menjadi orang yang paling tahu perdebatannya dengan Mar'ie. Hanya saja tiap pertemuan itu CT memilih diam karena segan dengan Mar'ie yang lebih tua.

"Kalau saya seumur sama Mar'ie jadi tidak ada soal, dia (CT) lebih muda tidak enak membantah senior," kelakarnya.
Dalam acara tersebut hadir pula Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua KPK Agus Rahardjo, Menteri ATR Sofyan Djalil, dan sejumlah pejabat negara lainnya. (pris/ayp)