Prabowo Sebut Gaji Rp8 Juta Gubernur Tidak Realistis

CNN Indonesia | Kamis, 17/01/2019 21:36 WIB
Prabowo Sebut Gaji Rp8 Juta Gubernur Tidak Realistis Capres Prabowo tawarkan solusi soal pejabat korup. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menawarkan solusi untuk mengatasi politik berbiaya tinggi terutama perilaku kepala daerah yang korup. Prabowo kemudian mengkritik gaji kepala daerah, terutama tingkat provinsi yang terbilang kecil di Debat Perdana Pilpres 2019.

"Perlu ada langkah lebih konkret dan praktis. Contoh bagaimana bisa gubernur gaji 8 juta mengelola provinsi misalnya Jawa Tengah yang lebih besar dari Malaysia dengan APBD besar. Ini hal yang tidak realistis," kata Prabowo di debat capres perdana di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1).

Untuk itu Prabowo menegaskan harus berani melakukan terobosan supaya penghasilan kepala daerah sangat besar. Selain itu, Prabowo juga menekankan akan memotong kebutuhan kampanye pemerintah seperti di televisi.


"Karena TV milik rakyat, enggak boleh terlalu banyak bayar muncul di TV, kemudian radio, baliho," kata Prabowo.


Sementara calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo menegaskan salah satu kunci agar perilaku korup pejabat terhindar dengan melakukan rekrutmen berbasis kompetensi. Jokowi kemudian mengklaim saat menjadi Wali Kota ia hanya menggunakan anggaran kecil. Bahkan ke partai politik sekalipun.

"Waktu pemilihan gubernur saya tidak mengeluarkan uang sama sekali, pak Prabowo juga tahu hal itu, partai pendukung tahu hal itu," kata Jokowi.

Jokowi mengakui upaya menghilangkan perilaku korupsi membutuhkan proses yang panjang. Ia menambahkan hal itu bisa dimulai dari relawan dan keinginan publik mendapatkan pemimpin yang baik tanpa mengedepankan finansial.

(Tim/DAL)