Yenny Wahid: Ma'ruf Penyeimbang Perspektif Jokowi dalam Debat

CNN Indonesia | Jumat, 18/01/2019 04:02 WIB
Yenny Wahid: Ma'ruf Penyeimbang Perspektif Jokowi dalam Debat Tokoh politik Yenny Wahid menyebut Ma'ruf Amin selaku cawapres sudah tampil prima dan dapat menjadi penyeimbang perspektif Joko Widodo dalam debat pilpres. (CNN Indonesia/Tiara Sutari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aktivis dan tokoh politik Yenny Wahid menyebut Ma'ruf Amin selaku cawapres sudah tampil prima dan dapat menjadi penyeimbang perspektif Joko Widodo dalam debat perdana pilpres pada Kamis (17/1).

"Yang saya catat Kiai Maruf bisa memberikan imbangan perspektif yang baik untuk menambahkan pernyataan Pak Jokowi," kata Yenny ditemui di Hotel Bidakara usai menyaksikan gelaran debat.
Lebih lanjut, kata Yenny, salah jika disebut Maruf mendapat porsi bicara yang sedikit selama debat berlangsung. Menurut Yenny, jika dilihat, Jokowi pun beberapa kali memberi ruang bagi Maruf untuk menyampaikan gagasannya di debat itu.

"Kalau saya melihat gestur Pak Jokowi lebih banyak mempersilakan kepada Kiai Maruf untuk memberikan jawaban beliau," katanya. 


Misalnya, kata Yenny, Maruf diberi kesempatan berbicara banyak saat membahas soal penyandang disabilitas hingga terorisme dan radikalisme.
"Saya lihat ini bukan porsi yang kecil," katanya. 

Secara keseluruhan, Yenny menilai penampilan Jokowi dan Ma'ruf pun berhasil memunculkan sosok negarawan yang sangat mengerti tentang mekanisme pemerintahan.

"Saya merasa penampilan Pak Jokowi malam ini berhasil memunculkan sosok seorang negarawan yang sangat mengerti tentang mekanisme pemerintahan. Saya merasa Pak Jokowi penampilannya malam ini sangat kuat dan artikulatif," katanya. (tst/has)