Usai Debat Capres, Ma'ruf Terima Dukungan Aliansi Kiai Madura

rzr, CNN Indonesia | Jumat, 18/01/2019 14:33 WIB
Usai Debat Capres, Ma'ruf Terima Dukungan Aliansi Kiai Madura Calonm wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon Wakil Presiden nomor urut 01, Ma'ruf Amin menerima deklarasi dukungan dari elemen masyarakat yang tergabung dalam Aliansi Kiai Kampung Madura (AKKMA) di Pilpres 2019.

Deklarasi itu dilakukan di kediaman pribadi Ma'ruf Amin di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (18/1), atau hanya satu hari setelah Ma'ruf mengikuti debat capres cawapres yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Para mubalig dari AKKMA itu terlihat berduyun-duyun mengunjungi kediaman Ma'ruf sejak Jumat pagi. Mereka kompak mengenakan baju koko putih, peci dan sarung.


Deklarator AKKMA Subhan Effendy menyatakan para kiai kampung se-Madura siap memberikan dukungan bagi Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019.

Dukungan itu lantas disampaikan dalam bentuk 'surat pernyataan dukungan' bagi Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Siap memberikan dukungan penuh untuk pemenangan capres dan cawapres,Jokowi dan Ma'ruf Amin di Pilpres 2019," kata Subhan.

Dalam surat dukungan itu ada sejumlah poin komitmen dari AKKMA terhadap Jokowi-Ma'ruf. Poin pertama, mereka siap mengawal dan mengamankan hasil suara capres dan cawapres 01.

Kedua, mereka siap untuk mengembangkan sistem ekonomi syariah apabila Ma'ruf Amin terpilih sebagai wakil presiden periode 2019-2024

Selain itu, mereka siap untuk menjaga stabilitas dan ketenangan dalam pelaksanaan Pemilu 2019.

Ma'ruf mengucapkan terima kasih atas dukungan para kiai kampung se-Madura tersebut.

Ia mengatakan bahwa dukungan tersebut akan menambah jumlah suara bagi Jokowi-Ma'ruf di Pulau Garam pada Pilpres 2019.

"Dan ini kiai kampung dari Madura, yang punya potensi karena mereka langsung berhadapan dengan rakyat di sana," kata dia.

Pada Pilpres 2014, Joko Widodo yang saat itu berpasangan dengan Jusuf Kalla mengalami kekalahan dari Prabowo-Hatta Rajasa di empat kabupaten di Pulau Madura.

Berdasarkan hasil rekapitulasi KPU, total perolehan suara Prabowo-Hatta di Pulau Madura sebanyak 830. 968, sementara Jokowi-JK berjumlah 692.631 suara. (rzr/wis)