Ustaz Arifin Ilham Sudah Diperbolehkan Kembali ke Tanah Air

antara, CNN Indonesia | Jumat, 18/01/2019 14:58 WIB
Ustaz Arifin Ilham Sudah Diperbolehkan Kembali ke Tanah Air Ustaz Arifin Ilham sudah diperkenankan kembali ke Tanah Air usai menjalani pengobatan di Malaysia. (Gilang Fauzi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penceramah yang juga pimpinan Majelis Az-zikra, ustaz Arifin Ilham dikabarkan sudah diperbolehkan meninggalkan Rumah Sakit Gleneagles, Pulau Penang, Malaysia, Jumat (18/1). Arifin Ilham menjalani pengobatan lanjutan di negeri jiran karena penyakit kanker getah bening stadium 4A.

"Menurut rencana sudah bisa pulang dari rumah sakit," ujar Konsul Jenderal Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Penang, Iwanshah Wibisono dikutip Antara, Kamis (17/1) sore.

Kabar kepulangan Arifin Ilham juga diungkap anak sulungnya, Muhammad Alvin Faiz. Melalui akun Instagramnya, Alvin membagikan momen saat sang ayah berfoto bersama dokter Amir Shah yang menanganinya selama di RS Gleneagles.


"Semoga bisa secepatnya kembali ke tanah air dan kembali aktif berdakwah lagi," tuturnya di akun Alvin_411, Jumat.

[Gambas:Instagram]

Sebelumnya, Konsulat Jenderal melalui Iwanshah menginformasikan bahwa dai yang identik dengan seruan berzikirnya itu tidak langsung kembali ke Indonesia, namun istirahat dulu di Penang hingga kondisinya betul-betul pulih.

Ustaz Arifin Ilham Sudah Diperkenankan Kembali ke Tanah AirArifin Ilham saat dijenguk Presiden Jokowi di RSCM beberapa hari lalu. (ANTARA FOTO/Biropers-Kris)


Kendati demikian, yang jelas, kabar baik dari hasil pengobatan Arifin Ilham sekaligus menepis kabar yang beredar melalui pesan di sejumlah aplikasi bahwa Ustadz Arifin Ilham meninggal dunia.

"Setahu saya enggak betul. Itu hoaks. Tadi Kamis jam 06.00 sore masih dalam perawatan Dr Amir Shah dan dan saya baru antar makanan ke beliau," katanya.


Iwanshah mengatakan pihaknya sudah mengantar makanan ke Rumah Sakit Gleneagles tiga kali.

"Kami antar apa yang menjadi selera beliau dan beliau suka. Kami juga ikut anjuran dokter yang tidak dilarang. Enggak boleh sembarangan. Yang kita tahu ada larangan umum. Yang halus-halus. Enggak boleh terlalu berat," katanya.

Sebelumnya diberitakan, ustaz Arifin Ilham diterbangkan ke RS di Penang, Kamis (10/1) usai sebelumnya menjalani pengobatan dan perawatan di RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta. Arifin Ilham beberapa hari mendapat perawatan intensif di Pavilion Kencana RSCM.



(ain)