Penjual Sabun Kaget Jokowi Borong Sabun Cuci Rp2 Miliar

fra, CNN Indonesia | Sabtu, 19/01/2019 20:16 WIB
Penjual Sabun Kaget Jokowi Borong Sabun Cuci Rp2 Miliar Presiden Jokowi saat kunjungan kerja di Garut, Jawa Barat, Jumat (18/1). (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Garut, CNN Indonesia -- Eli Liawati, penjual sabun cuci kaget Presiden Joko Widodo ingin memborong sabun cuci miliknya. Tidak tanggung-tanggung Jokowi membeli 100 ribu botol sabun untuk mencuci piring dan baju itu.

Eli merupakan ketua Kelompok Usaha Bersama Padawangi binaan Program Keluarga Harapan (KUBE PKH) di Desa Padahurip, Banjarwangi, Garut, Jawa Barat.

Awalnya Jokowi bertanya berapa harga satu botol sabun cuci dalam kemasan berisi 1 liter itu. Eli mengatakan harga satu botol sabun cuci piring dan baju itu sebesar Rp20 ribu.


"Saya mau beli, saya mau beli. Saya mau beli 100 ribu botol, bisa gak? kata Jokowi di Gedung Serbaguna Mandala, Garut, Jawa Barat, Sabtu (18/1).

Eli sontak kaget mendengar keinginan Jokowi membeli 100 ribu botol. Jokowi lantas memberikan uang panjer sebesar Rp10 juta sebagai tanda jadi. Eli pun menyanggupi pesanan Jokowi itu dan akan rampung akhir Februari 2019.

"Kalau mampu lebih dari itu hubungi saya, harus berkualitas kayak gini loh," ujar Jokowi.

Eli mengaku baru merintis usaha tersebut dalam dua bulan terakhir ini. Dia tak mengetahui apa kelebihan sabun cucinya hingga membuat Jokowi dan Ibu Negara Iriana tertarik untuk memborong.

Eli mengatakan uang Rp2 miliar dari penjualan 100 ribu botol itu akan digunakan untuk mengembangkan usahanya. Selain itu, Eli berencana memakai uang tersebut untuk umrah bersama orang tua dan anggota KUBE PKH.

"Mau umroh. Umrohin orang tua. Saya ucapkan terima kasih, mudah-mudahan jadi presiden lagi," kata dia.

(fra/wis)