Saingi Sandiaga, Ma'ruf Wujudkan 'Santripreneur'

CNN Indonesia | Minggu, 20/01/2019 06:22 WIB
Saingi Sandiaga, Ma'ruf Wujudkan 'Santripreneur' Calon Wakil Presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin memberikan tausiah dalam kunjungan kampanye di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (19/1). (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi).
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin berupaya mengembangkan gerakan santripreneur atau kegiatan wirausaha untuk para santri. Salah satunya melalui peluncuran kedai kopi bernama 'Abah' di kawasan Balong Gede, Bandung, Jawa Barat.

"Ini gerakan para santri milenial supaya produktif. Santri harus bagus, pintar ngaji, tapi juga usahawan, jadi santripreneur," ujar Ma'ruf saat memberikan sambutan dalam peluncuran kedai kopi tersebut, Sabtu (19/1).

Sebelumnya, progam serupa juga pernah digagas cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno. Mantan pengusaha itu pernah menyampaikan rencana untuk melatih para santri dengan mengeluarkan gagasan OK OCE-preneur dan memiliki target menciptakan santripreneur.



Bedanya, konsep yang digagas Ma'ruf bertajuk Gus Iwan yang merupakan kepanjangan dari 'Santri Bagus Pintar Ngaji dan Juga Usahawan'. Konsep ini juga pernah ia kenalkan agar para santri mau mengelola usaha kecil di samping belajar ilmu agama.

"Ini harus kita kembangkan sehingga hasilnya nanti dapat menjadi kontribusi bagi bangsa dan negara," katanya.

Ma'ruf menuturkan upaya untuk mengembangkan konsep tersebut merupakan bagian dari program ekonomi arus baru yang selama ini ia gagas dalam pilpres 2019. Ma'ruf mengklaim ekonomi arus baru lebih memperhatikan masyarakat dari kalangan menengah ke bawah.


"Kita luncurkan arus baru ekonomi Indonesia, membangun dari bawah, ekonomi umat. Supaya yang bawah ini jangan lemah," ucap Ma'ruf.

Usaha kedai kopi Abah disebut-sebut telah dibuka di sejumlah tempat, di antaranya termasuk kawasan Jabodetabek, Bali, Pasuruan, hingga Nusa Tenggara Timur (NTT). (pris/lav)