Papua 'Diberondong' Gempa sejak Sabtu

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 20/01/2019 09:14 WIB
Papua 'Diberondong' Gempa sejak Sabtu Papua diguncang gempa, Minggu (20/1) dini hari. (Ilustrasi/AFP PHOTO / ADEK BERRY)
Jakarta, CNN Indonesia -- Papua diguncang gempa, Minggu (20/1) dini hari. Menurut laporan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa berkekuatan 5,3 SR mengguncang Pegunungan Bintang.

Pusat gempa berada di kedalaman 10 kilometer koordinat 5,10 LS dan 142,01 BT, 176 kilometer Pegunungan Bintang. Namun ditegaskan, gempa tersebut tidak menimbulkan tsunami.

Pusat gempa bahkan berada jauh dari permukiman. Gempa pun bahkan tak dirasakan masyarakat.



"Tidak ada dampak atau kerusakan. Tidak ada orang yang merasakan juga, karena kekuatannya tidak besar dan jauh dari permukiman," kata Kepala Pusat Gempa dan Tsunami BMKG Rahmat Triyoono ketika dihubungi kantor berita Antara di Jakarta, Minggu pagi.

Sebelum gempa yang terjadi pukul 01.37 dini hari tadi itu, Papua sempat diguncang beberapa gempa lain. Sabtu (19/1) tercatat dua kali gempa mengguncang Papua, diawali pada pukul 13.26 WIT di 64 kilometer tenggara Kaimana. Gempa itu berkekuatan 4,1 SR.

Menurut catatan BMKG Sorong, gempa berkekuatan sama kembali mengguncang pada pukul 14.14 WIT, dengan lokasi berjarak 79 km laut tenggara Kabupaten Kaimana.


Getaran gempa dirasakan seluruh warga di wilayah Kabupaten Kaimana, terutama mereka yang tengah berada di gedung bertingkat. Meski begitu, gempa tetap tak berpotensi tsunami. (Antara/rsa)