Vanessa Angel Terancam Dijemput Paksa Jika Mangkir Lagi

CNN Indonesia | Senin, 21/01/2019 21:55 WIB
Vanessa Angel Terancam Dijemput Paksa Jika Mangkir Lagi Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan menyebut Vanessa Angel bisa dijemput paksa jika kembali mangkir pada panggilan kedua. (CNN Indonesia/Farid Miftah Rahman)
Surabaya, CNN Indonesia -- Artis Vanessa Angel disebut mangkir dari jadwal pemeriksaan Polda Jatim pada Senin (21/1). Kepolisian pun mengancam akan melakukan jemput paksa jika ia tak hadir lagi di panggilan selanjutnya.

Sebagaimana diketahui, Vanessa dipanggil penyidik untuk dimintai keterangannya sebagai tersangka UU ITE dalam perkara prostitusi daring (online).

Kepala Polisi Daerah Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan menyebut ketidakhadiran artis film televisi (FTV) itu tak disertai alasan yang jelas.


"Pemanggilan VA [Vanessa Angel] tadinya hari ini hadir, tapi akhirnya tidak hadir," kata Luki, di Mapolda Jatim, Surabaya, Senin (21/1).

Dengan ketidakhadiran ini, kata Luki, pihaknya pun telah melayangkan surat pemanggilan berikutnya kepada Vanessa, untuk pemeriksaan pada Jumat (25/1).

"Jadi kami sudah melayangkan pemanggilan tersangka di hari Jumat," sambung Luki.

Artis Vanessa Angel (tengah).Artis Vanessa Angel (tengah). (CNN Indonesia)
Komunikasi yang dilakukan sementara ini, kata Luki, pihak kuasa hukum Vanessa pun mengaku kliennya bakal memenuhi panggilan tersebut, dan akan datang ke Mapolda Jatim, guna pemeriksaan lebih lanjut.

"Dari pihak pengacara informasinya yang bersangkutan [Vanessa] akan datang," katanya.

Namun, kata Luki, jika Vanessa kembali mangkir dalam pemanggilan itu maka tak menutup kemungikinan penyidik bakal menjemput paksa artis berusia 27 tahun tersebut.

"Yang jelas hari Jumat hadir. Kalau memang tidak hadir kita akan melakukan pemanggilan kedua, kalau tidak hadir lagi kita akan langsung membawa tersangka," kata dia.

Diketahui, dalam Pasal 112 Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) diatur soal panggilan paksa dalam proses penyidikan. Jika tak hadir dalam dua kali pemanggilan, pihak terkait akan dijemput paksa petugas.

Senada, Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jatim Kombes Achmad Yusep Gunawan mengatakan ketidakhadiran Vanessa ini tanpa disertai konfirmasi yang bersangkutan.

Dua muncikari yang menjadi tersangka kasus prostitusi online Vanessa Angel.Dua muncikari yang menjadi tersangka kasus prostitusi online Vanessa Angel. (CNN Indonesia/Farid Miftah Rahman)
"Untuk VA yang saat ini tidak hadir, kami belum dapat konfirmasi yang bersangkutan," kata dia.

"Dan untuk [pemeriksaan] hari Jumat kami sudah layangkan panggilan. Mungkin segera sampai pada yang bersangkutan untuk pemeriksaan tersangka daripada VA," pungkas Yusep.

(frd/arh)