Revitalisasi Stasiun Manggarai, PT KCI Tutup Jalur 10

CNN Indonesia | Selasa, 22/01/2019 13:01 WIB
Revitalisasi Stasiun Manggarai, PT KCI Tutup Jalur 10 Stasiun Manggarai, Jakarta. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mengumumkan jalur 10 Stasiun Manggarai tujuan Depok dan Bogor untuk sementara tak bisa melayani naik dan turun penumpang terhitung sejak 23 Januari sampai 8 Maret 2019 sebagai imbas dari percepatan proses revitalisasi Stasiun Manggarai.

"Salah satu jalur yang nantinya ditutup sementara jalur 10, ditutup untuk kebutuhan konstruksi paling lama 45 hari mulai tanggal 23 Januari," ujar Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten Jumardi di Stasiun Manggarai, Jakarta, Selasa (22/1).

Penutupan ini merupakan hasil koordinasi yang sudah dilakukan antara BTPWJB, PT KAI Daop 1 Jakarta, dan PT KCI. 


Jumardi menuturkan penutupan sementara jalur 10 bisa menambah waktu kerja yang awalnya 4 jam menjadi satu hari penuh. Dengan demikian mengurangi waktu pengerjaan dari 90 hari menjadi 45 hari.

Deputi EVP Daop 1 Jakarta Sofyan Hasan mengatakan proses percepatan revitalisasi Stasiun Manggarai juga memengaruhi kedatangan kereta. Dia berkata kereta akan mengalami keterlambatan sekitar 2 menit dimulai pada malam hari ini pukul 00.00 WIB.

"Malam hari ini, kereta akan mengalami keterlambatan rata-rata 2 menit," kata Sofyan.

Saat ini, revitalisasi Stasiun Manggarai masih dalam proses pembangunan jalur 8, 9, dan 10.

Jalur 8 dan 10 merupakan jalur aktif yang saat ini dikhususkan untuk KRL lintas Jatinegara-Depok/Bogor dan Jakarta Kota-Depok/Bogor, sementara jalur 9 dikhususkan untuk kereta bandara.

Dengan penutupan jalur 10 tersebut maka para pengguna jasa di Stasiun Manggarai yang akan menuju Depok/Bogor dilayani KRL di jalur 8, 5, dan 4.

Selain melayani tujuan Depok/Bogor, di jalur 5 Stasiun Manggarai juga melayani KRL lintas Bogor/Depok-Jatinegara dan Bogor/Depok-Jakarta Kota, sementara untuk jalur 4 selain melayani KRL tujuan Depok/Bogor juga melayani KRL tujuan Bekasi/Cikarang.

Sebelumnya, perpindahan jalur commuter line di Stasiun Manggarai telah dilaksanakan pada 11 Agustus 2018 silam dalam rangka penyelesaian pembangunan proyek Double-Double Track (DDT) Paket A Stasiun Manggarai-Jatinegara Phase I Tahun 2018.

Kegiatan itu berupa penonaktifkan sementara jalur 6 dan 7 dan dipindahkan ke jalur 8 dan 10 untuk pelayanan KRL Bogor Line.

Setelah dilakukan perpindahan, Kementerian Perhubungan akan kembali menyelesaikan tahapan pembangunan Stasiun Manggarai di jalur 6 dan 7. Direncanakan seluruh pembangunan konstruksi DDT Paket A dan B (Dipo Cipinang dan jalur DDT Stasiun Jatinegara-Cikarang) akan selesai pada akhir 2021.

"Setelah selesai pada akhir 2021, nantinya Stasiun Manggarai ada tiga lantai yang memisahkan perjalanan KRL lintas Bogor/Depok-Jatinegara/Jakarta Kota, KRL lintas Bekasi-Jakarta Kota, kereta bandara dan kereta jarak jauh," tutur Jumardi.

PT KCI sendiri mengoperasikan 936 perjalanan KRL dengan 71 persen perjalanan di antaranya melintas Stasiun Manggarai.

Selain dilalui KRL, Stasiun Manggarai juga dilalui kereta jarak jauh, kereta barang, dan kereta bandara dengan total perjalanan 725 perjalanan kereta per hari sehingga menjadikan Stasiun Manggarai sebagai stasiun tersibuk di Jabodetabek.

(dni/wis)