'Food Street' di Pulau Reklamasi Disebut Beroperasi 2018

CNN Indonesia | Rabu, 23/01/2019 13:20 WIB
'Food Street' di Pulau Reklamasi Disebut Beroperasi 2018 Food street di Pantai Maju di Pulau Reklamasi biasa ramai dikunjungi orang pada sore hingga malam hari. (CNN Indonesia/Setyo Aji Harjanto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pulau reklamasi Teluk Jakarta kembali menjadi sorotan setelah beredar video yang merekam aktivitas pusat kuliner atau food street di kawasan Pantai Maju yang dahulu bernama Pulau D.

Pantai Maju terletak tak jauh dari Pantai Indah Kapuk 2. Kedua kawasan itu terhubung oleh sebuah jembatan. Dari jembatan itu, siapapun yang akan menuju Pantai Maju akan bisa melihat billboard atau papan reklame bertuliskan 'Food Street Kawasan Pantai Maju Live Music 17.00-24.00'.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, setidaknya ada 25 stan makanan di sana. Selain stan makanan, terlihat juga panggung berukuran 3 x 4 meter berdiri di tengahnya.


Murdik Luqi Wijaya (31) salah satu pekerja mengatakan stan-stan makanan di pulau reklamasi ini sudah berdiri sejak 2017 lalu. Namun, baru mulai beroperasi pada Desember 2018 lalu.

"Kalau ramainya sih sudah dari 2018 akhir," kata Murdik saat ditemui CNNIndonesia.com di stan yang ia jaga, Rabu (23/1).

Pulau Maju sendiri termasuk empat pulau reklamasi yang sudah selesai dibangun. Saat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mencabut 13 izin pembangunan pulau reklamasi, empat pulau yang sudah terlanjur dibangun itu disebut berada dalam pengawasan Pemprov DKI.

"Wilayah yang sudah terlanjur jadi akan ditata mengikuti ketentuan yang ada. Tata ruang yang sudah jadi akan diatur dan digunakan sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat," kata Anies pada hari dia mencabut izin reklamasi, Rabu 26 September 2018.

Stan atau kios di pusat kuliner yang berada di pantai reklamasi Pantai Maju. (Foto: CNN Indonesia/Setyo Aji Harjanto)
Kini izin pusat kuliner di Pulau Maju dipertanyakan. Anies sendiri belum mau bicara banyak soal keberadaan pusat kuliner itu.

Anies hanya menjawab "Besok" saat ditanya soal itu. Padahal, keramaian di sana sudah bukan rahasia lagi. Menurut penuturan salah satu petugas keamanan yang enggan disebutkan namanya, Food Street biasanya baru ramai dikunjungi pada sore hari. 

"Jam tiga paling udah mulai, selesai jam 11 malam, paling rame biasanya jam 8 malam," ujar petugas keamanan tersebut.

Ia mengatakan Food Street itu ramai dikunjungi oleh warga yang tinggal di sekitar Pulau Reklamasi. Tak jarang juga ada warga yang datang dari jauh.

Selain membeli makanan, pengunjung yang datang ke sana biasanya akan duduk-duduk sambil menikmati hiburan live music yang disuguhkan. Pertunjukan musik itu, kata dia, berlangsung hampir setiap hari.

"Biasanya warga sekitar sini saja sih yang datang, kalau yang dari luar biasanya udah agak malam baru datang," ucapnya.

Pekerja itu berkata selain di food street, tidak ada aktivitas lain di Pantai Maju. Hanya ada aktivitas pembangunan di sekitarnya. (sah/wis)