Jokowi Belum Berencana Temui Ahok Usai Bebas Besok

CNN Indonesia | Rabu, 23/01/2019 17:52 WIB
Jokowi Belum Berencana Temui Ahok Usai Bebas Besok Jokowi belum berencana bertemu dengan Ahok usai bebas besok. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo belum memiliki rencana menemui mantan gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang akan bebas besok, Kamis (24/1). Ahok bebas setelah mendekam hampir dua tahun di Rumah Tahanan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

"Belum ada rencana (bertemu Ahok)," kata Jokowi usai menghadiri perayaan ulang tahun Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Rabu (23/1).

Jokowi menyatakan bahwa Ahok telah menjalani proses hukum dan pidana penjara. Ahok divonis 2 tahun penjara karena terbukti menodai agama Islam. Dia meringkuk di balik jeruji besi sejak Mei 2017 lalu.

"Inikan Pak Ahok kan sudah menjalani proses hukum. Pak Ahok juga sudah menjalani hukuman dan besok sudah bebas," ujarnya.

Saat disinggung apakah dirinya akan mengajak Ahok kembali terjun ke dunia politik, Jokowi menyerahkan sepenuhnya kepada mantan Bupati Belitung Timur itu. Menurut Jokowi, keputusan terjun ke dunia politik ada di tangan Ahok.


"Ya terserah Pak Ahok lah, terserah Pak Ahok," kata dia.

Ahok merupakan pendamping Jokowi ketika memimpin Jakarta untuk periode 2012-2017. Ahok kemudian yang menggantikan Jokowi saat terpilih menjadi Presiden pada 2014 lalu. (fra/sur)