Ahok Disebut Akan Menikah dengan Bripda Puput di Menteng

CNN Indonesia
Kamis, 24 Jan 2019 11:32 WIB
Dari dokumen yang disampaikan orang tua calon mempelai perempuan, pernikahan dengan Ahok bakal dicatat di Kantor Disdukcapil Jakpus. Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menyelesaikan proses administrasi sebelum bebas di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, 24 Januari 2019. (Screenshot via Instagram/@basukibtp)
Depok, CNN Indonesia -- Setelah bebas dari penjara, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok akan menikah kembali. Pernikahan itu pun disebutkan bakal digelar di kawasan Menteng, Jakarta.

Ahok disebutkan bakal menikah dengan polisi berpangkat Brida bernama Puput Nastiti Devi. Untuk urusan pernikahan tersebut, orang tua dari Puput telah mengurus catatan administrasi di kelurahan domisilinya yakni Pasir Gunung Selatan, Kota Depok.

Saat dikonfirmasi, Lurah Pasir Gunung Selatan, Aslih Sinten mengatakan orang tua dari Puput telah mengurus administrasi itu sepekan lalu. Dari dokumen, katanya, pernikahan Ahok-Puput bakal dicatat di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Jakarta Pusat.



Hal itu tercatat di dokumen N4 atau surat keterangan orang tua calon pengantin yang disampaikan orang tua Puput ke kelurahan.

"Di N4 kalau tidak salah menikah di atau ke Disdukcapil Menteng, Jakarta Pusat," kata Lurah Pasir Gunung Selatan Aslih Sinten saat ditemui di kantornya di Depok, Kamis (24/1).

Aslih menyebut surat itu sudah diajukan orang tua Puput pada 16 Januari 2019. Aslih menandatangani surat tersebut sehari setelahnya.

Aslih mengonfirmasi seluruh dokumen sudah memenuhi syarat, termasuk agama kedua mempelai yang sudah tak lagi berbeda. Hal ini sekaligus menjawab perbedaan agama antara Ahok yang memeluk Kristen dan Puput memeluk Islam.

"Ya kan juga sudah bisa dilihat dari tempat nikahnya di Disdukcapil. Kalau Muslim kan di KUA," tutur Aslih.


Berdasarkan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, pernikahan warga pemeluk Islam dicatat Kantor Urusan Agama (KUA). Sementara pernikahan pemeluk agama selain Islam dicatat Disdukcapil.

Meski begitu, Aslih tidak bisa mengonfirmasi tanggal pernikahan mantan Gubernur DKI Jakarta karena tak ada di dalam dokumen tersebut.

"Di dokumennya tidak ada, saya hanya berdasar dokumen. Masalah waktu, nanti dibicarakan sama Disdukcapil," ujarnya.

Sebelumnya, Ahok dikabarkan akan menikahi Bripda Puput Nastiti Devi pada 15 Februari 2019. Kabar itu disebut politikus PDIP yang juga menjabat Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi.

"Iya benar, Ahok akan menikah 15 Februari nanti," tutur Prasetio saat dihubungi, Jumat (18/1).

Namun, mengenai keterangan Prasetio tersebut disanggah kuasa hukum sekaligus adik kandung Ahok, Fifi Lety lewat akun instagramnya.

"Terus terang aneh juga Kok Kita keluarga enggak tahu ya ada acara kawinan tanggal 15/2? Kalau ada acara Atau kegiatan apapun di keluarga kami pada tanggal 15/2, Harusnya kami keluarga tahu ya? Jadi Silakan tanya Pak Prass aja kenapa begitu?" tulis Fifi di akun instagramnya @fifiletytjahajapurnama.

Sementara itu, kemarin di CNNIndonesia TV, rekan Ahok saat memimpin Jakarta juga dalam kontestasi Pilgub DKI 2017, Djarot Saiful Hidayat mengonfirmasi rencana pernikahan Ahok. Dia pun menyatakan itu bakal digelar di Jakarta setelah Ahok bebas dari penjara.

(dhf/kid)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER