Sandi Disebut Akan hadir di Debat Jokowi-Prabowo

CNN Indonesia | Jumat, 25/01/2019 18:42 WIB
Meski tak diwajibkan hadir, cawapres Sandiaga Uno disebut akan mendampingi capres Prabowo Subianto dalam debat kedua Pilpres 2019, 17 Februari. Cawapres Sandiaga Uno disebut akan tetap mendampingi Prabowo Subianto dalam debat kedua Pilpres 2019, 17 Februari. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno disebut akan hadir dalam debat kedua Pilpres 2019, di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, pada 17 Februari. Tujuannya, memberi energi positif bagi pasangannya, Prabowo Subianto.

Diketahui, peserta debat kedua hanyalah para capres, yakni Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Mereka akan menyampaikan visi misi serta beradu gagasan tanpa didampingi cawapres di atas panggung.

"Datang, Pak Sandi akan hadir nanti. Kalau sampai saat ini rencananya Pak Sandi akan hadir di debat kedua," kata Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga, Dahnil Anzar Simanjuntak, di Rumah Sriwijaya, Jakarta Selatan, Jumat (25/1).


Kehadiran Sandi itu, kata Dahnil, dilakukan untuk memberi dukungan kepada Prabowo di panggung debat. Pada debat kedua ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) hanya mementaskan dua capres, yakni Joko Widodo dan Prabowo Subianto.

"Pak Sandi hadir buat ngasih dukungan, buat memberi energi positif ke Pak Prabowo. Kan memang debatnya antara capres saja," katanya.

Debat kedua ini akan mengangkat tema terkait Lingkungan Hidup, Infrastruktur, Sumber Daya Air, Pangan, dan Energi. Prabowo pun disebut telah bertemu dengan sejumlah akademisi dan praktisi di bidang tersebut untuk bertukar pikiran terkait tema itu.

"Ya kalau persiapan sudah dari jauh-jauh hari sudah bertemu dengan para ahli, ada dari praktisi, ada dari akademisi. Tapi enggak bisa ya kita sebut siapa-siapanya," kata Dahnil.

Debat kedua pilpres 2019 akan kembali digelar 17 Februari mendatang. Komisi Pemilihan Umum (KPU) pun memastikan hanya debat ini hanya akan mempertemukan kedua capres.

Sebelumnya, Komisioner KPU Ilham Saputra menyebut para cawapres tidak wajib hadir dalam debat kedua Pilpres 2019.

Debat Pilpres 2019 sendiri dilaksanakan lima kali. Debat pertama, capres-cawapres menjadi peserta debat. Debat kedua, hanya capres yang berdebat. Debat ketiga, giliran cawapres yang beradu argumentasi.

Debat keempat, kembali hanya capres yang beradu gagasan di podium. Debat kelima, pasangan capres-cawapres bersama-sama berada di atas panggung.

(tst/arh)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK