FOTO: Laut Indonesia Dikepung Sampah

ANTARA, CNN Indonesia | Minggu, 27/01/2019 18:32 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Pengelolaan sampah masih menjadi persoalan utama di Indonesia. Tak hanya di daratan, sampah kini semakin mencemari lautan Indonesia.

Nelayan menepikan perahunya melewati tumpukan sampah yang berserakan di Pantai Muara Lasak, Padang, Sumatera Barat, Kamis (24/1/2019). Nelayan mengeluhkan sampah dari hulu yang bertumpuk sejak Senin (22/1) karena menghambat akses perahu mereka untuk pergi melaut. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/aww/
Sampah berserakan di pinggir pantai di Pelabuhan Panarukan, Situbondo, Jawa Timur, Selasa (22/1/2019). Selama musim hujan dan gelombang tinggi, berbagai jenis sampah kiriman dari sejumlah aliran sungai memenuhi pinggir pantai Panarukan. ANTARA FOTO/Seno/ama.
Dua wisatawan duduk di antara tumpukan sampah di kawasan Pantai Kuta, Badung, Bali, Selasa (1/1/2019). Perayaan malam tahun baru di Pantai Kuta menambah volume sampah yang berserakan bercampur dengan sampah yang terdampar akibat cuaca. ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/nym/nz.
Seorang turis turut membersihkan sampah yang berserakan di kawasan Pantai Kuta, Badung, Bali, Selasa (1/1/2019). ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/nym.
Seorang nelayan menjaring ikan di sekitar sampah yang memenuhi pantai di Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (16/1/2019). Berdasarkan program penilaian Adipura periode 2017-2018, Kota Palu menjadi salah satu kota bertipe sedang terkotor di Indonesia selain Kota Sorong dan Kupang. ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah/ama.
Warga berjalan di tengah-tengah sampah yang berserakan di Pantai Oesapa Kota Kupang, NTT, Jumat (25/1). Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyatakan Kota Kupang, NTT sebagai salah satu kota terkotor di Indonesia bersama Sorong dan Palu dalam penilaian Program Adipura periode 2017-2018. ANTARA FOTO/Kornelis Kaha/wsj.
Sejumlah Praja Muda Karana (Pramuka) memunguti sampah plastik di pesisir Tambak Wedi, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (26/1/2019). Kegiatan itu sebagai wujud kepedulian terhadap kebersihan lingkungan di kawasan pantai. ANTARA FOTO/Didik Suhartono/hp.
Riset terbaru Sustainable Waste Indonesia (SWI) mengungkapkan dari sekitar 65 juta ton sampah yang diproduksi di Indonesia tiap hari, sekitar 15 juta ton mengotori ekosistem dan lingkungan karena tidak ditangani. ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/nym/nz.


ARTIKEL TERKAIT