DMI soal Imam Selain NU Salah: Said Aqil Ketua PBNU Terlucu

CNN Indonesia | Senin, 28/01/2019 12:13 WIB
DMI soal Imam Selain NU Salah: Said Aqil Ketua PBNU Terlucu Ketua Umum PBNU, Said Aqil Siroj. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dewan Masjid Indonesia (DMI) tak menganggap serius klaim Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Said Aqil Siroj yang menyebut jika imam dan khatib masjid selain NU maka akan salah. Seperti diketahui, pernyataan itu disampaikan Said Aqil di harlah Muslimat NU, Minggu (27/1).

Sekretaris Jenderal DMI, Imam Addaruquthni mengatakan pernyataan Said Aqil bukanlah sesuatu yang aneh. Menurutnya, itu terjadi karena dia menilai Said Aqil merupakan ketua PBNU paling lucu dalam sejarah NU.

"Kami begini saja sekarang ya, sudah, memang lucu itu Pak Said Aqil, sudah lucu dari dulu, jadi pernyataannya memang lucu," kata Imam saat dihubungi CNNIndonesia.com, Senin (28/1).


Kepada CNNIndonesia.com, Imam tak henti sembari tertawa menjawab pertanyaan ketika terus disinggung soal aksi ketua umum asal Cirebon, Jawa Barat tersebut. Menurutnya, pernyataan Said dinilai sama saja seolah membuat negara diambil alih oleh NU. Lebih radikal dari definisi radikal itu sendiri.


"Padahal KH Hasyim (pendiri NU) saja tidak pernah bicara seperti itu," kata dia.

DMI secara internal, kata dia, pun tak akan merespons secara berlebihan klaim dan tudingan ketua umum PBNU 2010-2020 tersebut.

"Pernyataan itu kami anggap lucu, tapi cukup menyedihkan, tapi kami di DMI tak menghiraukan pernyataan itu," kata dia.

Imam menjelaskan, terkait penunjukan imam dalam sebuah masjid, kata dia, semuanya ditentukan berdasarkan metode dan penilaian dari Perguruan Tinggi Ilmu Quran (PTIQ). Begitu juga dengan standar seorang khatib dalam sebuah masjid.

"Jadi baik NU atau Muhammadiyah, kita tidak mempersoalkan itu," tegasnya.


Sebelumnya, Said Aqil dalam sambutannya di Hari Ulang Tahun Muslimat NU di Jakarta kemarin menyatakan warga NU mesti berperan dalam berbagai bidang di masyarakat. Salah satunya di bidang keagamaan.

Jika tidak dipegang oleh warga NU maka menurut Said Aqil akan salah semua.

"Imam masjid, khatib, KUA (kantor urusan agama), harus dari NU. Kalau dipegang selain NU, salah semua," kata Said lalu tertawa kecil yang diikuti hadirin yang mendengar.

Pernyataan Said juga mendapat respons keras dari tokoh Muhammadiyah, Anwar Abbas. Dirinya menyesalkan pernyataan tersebut, sembaru menilai pernyataan tersebut tidak mencerminkan akal sehat.

DMI soal Imam Selain NU Salah: Said Aqil Ketua PBNU yang LucuAnwar Abbas. (CNN Indonesia/Alfani Roosy Andinni)

"Saya sesalkan. Pernyataan ini jelas tidak mencerminkan akal sehat. Saya yakin pernyataan ini adalah pernyataan dan sikap pribadi dari Said Aqil Siradj dan bukanlah sikap dari NU," kata Anwar Abbas dalam keterangan tertulisnya, Senin (28/1).

Anwar mengatakan apa yang disampaikan ini murni peryataan pribadinya dan bukan kapasitasnya sebagai salah satu Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah atau Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI).



(ain)