Vanessa Angel Siap Diperiksa sebagai Tersangka Besok

CNN Indonesia | Selasa, 29/01/2019 08:00 WIB
Vanessa Angel Siap Diperiksa sebagai Tersangka Besok Artis Vanessa Angel (tengah) bersama dua kuasa hukumnya, Aga Khan (kiri) dan Milano (kanan), di Polda Jatim, Senin (28/1).(CNN Indonesia/Farid)
Surabaya, CNN Indonesia -- Tersangka kasus penyebaran konten asusila yang terkait dengan jaringan prostitusi daring (online) Vanessa Angel (VA) mengaku akan datang dalam panggilan pemeriksaan dari Polda Jawa Timur, pada Rabu (30/1). Kuasa hukum Vanessa, Milano membantah kliennya tak kooperatif sejak awal dalam kasus ini.

Milano mengatakan pemanggilan pemeriksaan memang disepakati besok. Sementara pemanggilan kemarin di Polda Jatim untuk memenuhi kewajiban lapor.

"Kami sudah minta jadwalnya untuk hari Rabu, sesuai dengan pernyataan Pak Kapolda," kata Milano di kantor Polda Jatim, Senin (28/1).


Saat itu, Vanessa tiba dengan didampingi dua kuasa hukumnya tepat pukul 16.40 WIB dan langsung memasuki ruang penyidik Subdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim. Tak lama, pada 17.00 WIB ia pun keluar ruangan.

Kuasa Hukum Vanessa lainnya, Aga Khan, mengatakan kedatangan kliennya ini membuktikan bahwa Vanessa kooperatif terhadap proses hukum yang kini sedang dijalaninya.

"Jadi berita yang simpang-siur tidak datang dua kali, kita izin karena Vanessa sakit, dan Vanessa masih kooperatif," kata Aga di Mapolda Jatim.

Dua muncikari prostitusi online yang melibatkan Vanessa Angel.Dua muncikari prostitusi online yang melibatkan Vanessa Angel. (CNN Indonesia/Farid Miftah Rahman)
Hal itu, kata dia, juga membantah beredarnya isu yang menyebutkan bahwa Vanessa mangkir dari pemeriksaannya pada Jumat (25/1). Ia menyebut ketidakhadiran kliennya lantaran sakit.

Milano juga menegaskan bahwa dengan kehadirannya kliennya ini membuktikan bahwa, artis film televisi (FTV) tersebut masih menaati prosedur hukum yang berlaku.

"Jadi tidak benar kalau ada pernyataan klien kami tidak koperatif, kita dari awal bilang kita taat hukum kita menjalin kerjasama yang baik dengan Polda Jatim," ucap dia.

Sementara itu, Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jatim Kombes Akhmad Yusep Gunawan membenarkan bahwa panggilan pemeriksaan Vanessa sebagai tersangka baru akan dilaksanakan pada Rabu (30/1).

"Yang bersangkutan hari ini hanya wajib lapor dan besok Rabu VA datang lagi untuk melakukan pemeriksaan disini," katanya.

Ia menyebut pihak Vanessa pun koperatif dan akan tetap bertahan di Surabaya guna mengahadiri pemeriksaan pada hari Rabu.

Dirreskrimsus Polda Jatim Kombes Akhmad Yusep Gunawan.Dirreskrimsus Polda Jatim Kombes Akhmad Yusep Gunawan (tengah). (ANTARA FOTO/Syaiful Arif/Rei/pd/15.)
"VA tidak pulang, dia stay di Surabaya," tutup Yusep.

Setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus penyebaran konten asusila, Vanessa dipanggil untuk pemeriksaan hari Senin (21/1). Namun, artis Film Televisi (FTV) itu mangkir.

Vanessa juga tak hadir pada panggilan selanjutnya pada Jumat (25/1). Kali ini, pihak kuasa hukum menyebut alasan ketidakhadiran Vanessa adalah karena sakit.

(frd/arh)