Ma'ruf Istigasah di Sukabumi, Sandi ke Pasar Wonogiri

CNN Indonesia | Selasa, 29/01/2019 07:40 WIB
Ma'ruf Amin terakhir kali ia mengunjungi Sukabumi pada tanggal 19 Desember 2018. Hari ini Ma'ruf kembali bertemu para santri dan Nahdliyin di sana. Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma’ruf Amin akan melanjutkan agenda kampanyenya ke Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (29/1). CNN Indonesia/Priska Sari Pratiwi
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon Wakil Presiden Nomor Urut 01, Ma'ruf Amin dijadwalkan kembali mengunjungi wilayah basis suara Calon Presiden Nomor Urut 02, Prabowo Subianto di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat sepanjang Selasa (29/1). Mantan Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu bakal menghadiri beberapa agenda.

Berdasarkan jadwal yang dirilis Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, ulama asal Banten itu mengawali agenda dengan menuju Lapangan Santa Sea, Sukabumi pada pukul 10.00 WIB.

Di sana, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu akan melakukan istigasah bersama para kiai dan santri se-Sukabumi sekaligus deklarasi Relawan Nusantara Jokowi 2 Periode (RNJ2P).



Seusai itu, Ma'ruf akan bertolak sejauh tujuh kilometer ke arah barat laut menuju Gedung Olahraga Kecamatan Cisaat pada pukul 13.00 WIB. Di tempat itu, Ma'ruf dijadwalkan akan melakukan silaturahim dengan warga Nahdliyin dan menghadiri pelantikan PCNU Kabupaten Sukabumi.

Setelah acara itu, Ma'ruf akan bertolak kembali ke Jakarta pada pukul 15.00 WIB.

Lawatan kali ini merupakan kunjungan kedua Ma'ruf ke Sukabumi sepanjang perhelatan kampanye Pilpres 2019 ini. Terakhir kali ia mengunjungi Sukabumi pada tanggal 19 Desember 2018 lalu.

Pada Pilpres 2014 lalu, pasangan Prabowo-Hatta Rajasa unggul telak dari pasangan Jokowi-Jusuf Kalla di Sukabumi. Berdasarkan rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sukabumi, Prabowo-Hatta memperoleh 829.802 suara atau 68 persen. Sedangkan pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla hanya mendapatkan 392.927 suara atau sekitar 32 persen.


Sandi Senam dengan Emak-emak

Sementara itu, Calon Wakil Presiden Nomor Urut 02 Sandiaga Uno hari ini akan berkampanye di Wonogiri, Jawa Tengah. 

Sandiaga akan mengawali kegiatannya dengan lari pagi dan dilanjutkan dengan senam bersama ema-emak di Dusun Mudal, Gebangharjo, Pracimantoro Wonogiri.

Sandiaga Uno. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)


Dalam agenda kegiatan yang dipublikasi Badan Pemenangan Nasional, Sandiaga kemudian melanjutkan kegiatan dengan mengunjungi anak-anak muda di Bale Pasunggingan. Kemudian ia menyapa pedagang pasar Bung Karno, mengunjungi pengrajin mete dan mengakhiri kegiatan dengan bertemu tim pemenangan di Wonogori (rzr/ain)