DKI Lelang Proyek Revitalisasi Monas Rp150 Miliar

CNN Indonesia | Selasa, 29/01/2019 22:13 WIB
DKI Lelang Proyek Revitalisasi Monas Rp150 Miliar Kawasan Monas (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta akan melelang proyek revitalisasi Monumen Nasional senilai Rp150 miliar usai merampungkan sayembara untuk mencari desain penataan rencana kawasan Medan Merdeka dan desain interior Monas.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Disparbud DKI Asiantoro mengatakan langkah selanjutnya, akan dilakukan proses lelang untuk proyek revitalisasi kawasan Monas tersebut.

Lelang proyek tersebut, sambungnya, dilakukan oleh Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan (Citata) DKI.


"Iya proses lelang oleh Citata, anggarannya (revitalisasi Monas) di sana," kata Asiantoro di Balai Kota Jakarta, Selasa (29/1).
Anggaran untuk proyek revitalisasi Monas tersebut mencapai Rp150 miliar.

"Kalau nilai sudah dianggarkan oleh (dinas) Citatanya, rinciannya mereka yang tahu, sampai wewenangnya (pelaksanaan sayembara) aja kita," tutur Asiantoro.

Asiantoro pernah menyampaikan anggaran Rp150 miliar untuk revitalisasi Monas tersebut merupakan anggaran yang rutin disiapkan untuk perbaikan.

Perbaikan Monas yang paling menonjol terjadi pada 2014 silam. Kala itu, tim ahli dari Jerman ditugaskan guna membersihkan Monas.

Setidaknya sebanyak 20 teknisi ahli dari Jerman dilibatkan untuk membersihkan tugu Monas pada Mei 2014.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan revitalisasi Monas sangat diperlukan agar fungsi monumen itu lebih optimal, yakni menjadi pusat kegiatan masyarakat. Ikon Ibu Kota itu, selama ini hanya ramai dikunjungi wisatawan pada Sabtu dan Minggu.
(ugo/ugo)