Kena Patil Udang, Tangan Jokowi Berdarah saat Panen di Bekasi

Feri Agus, CNN Indonesia | Rabu, 30/01/2019 10:57 WIB
Kena Patil Udang, Tangan Jokowi Berdarah saat Panen di Bekasi Jokowi dan rombongan di Desa Pantai Bakti, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Rabu (30/1). (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Bekasi, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau panen raya udang jenis vaname dari tambak program perhutanan sosial di Desa Pantai Bakti, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (30/1). Tak hanya menyaksikan, Jokowi turut menarik jala untuk memanen udang. Namun usai menarik jalan, tangan Jokowi mengeluarkan darah.

Jokowi yang mengenakan kemeja putih dengan balutan jaket hitam bertuliskan 'Bulls Syndicate Motorcycle' di bagian belakang tiba di area tambak sekitar pukul 09.00 WIB.

Ia berjalan kaki ditemani Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.


Terlihat pula anak sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka. Jokowi dan rombongan berjalan di atas tanah yang becek.

Ia langsung disambut Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar.

Selain itu turut hadir Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Dirut PT PLN Sofyan Basir, dan Plt Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja.

Jokowi disambut sejumlah pejabat saat akan memanen udang vaname di Bekasi.Jokowi disambut sejumlah pejabat saat akan memanen udang vaname di Bekasi. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Mantan wali kota Solo itu langsung diarahkan ke tepi tambak. Di sana beberapa petambak telah menunggu Jokowi. Mereka tampak memberikan penjelasan soal kondisi udang yang siap panen.

Tak berlama-lama, petambak mempersilakan Jokowi menarik jala yang sudah dilempar ke kolam. Calon presiden petahana itu pun langsung menarik jala tersebut dengan dibantu sejumlah petambak.

Ketika udang sudah terangkat, bagian telapak tangan kiri tampak Jokowi berdarah. Terlihat darah mengucur dari sela-sela jempol dan telunjuk tangan kirinya. Jokowi pun meminta handuk kecil.

Asisten Ajudan Inspektur Satu (Iptu) Syarif Muhammad langsung membawakan handuk kecil dan memberikan kepada Jokowi. Syarif juga membawakan air mineral untuk membersihkan darah di bagian telapak tangan kiri.

Jokowi segera membersihkan darah di tangannya itu dengan air mineral. Tampak wajah orang nomor satu di Indonesia meringis saat menyiramkan air mineral di bagian telapak tangan yang terluka.

Usai memanen udang, Jokowi mengatakan tangan kirinya terkena patil atau sirip tajam udang.

Jokowi saat menarik jala di tambak udang di Bekasi.Jokowi saat menarik jala di tambak udang di Bekasi. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
"Tangan saya kepatil. Tadi kena udang, banyak berdarah-darah," kata Jokowi di lokasi.

Setelah kejadian itu, mantan Gubernur DKI Jakarta sembari berkelakar dirinya enggan memegang udang tersebut. Jokowi mengapresiasi panen raya udang di tambak yang masuk dalam program perhutanan sosial.

"Saya enggak mau pegang lagi," ujarnya sambil tersenyum.

Sebelumnya, Jokowi pernah meninjau lokasi tambak ini pada November 2017 lalu. Saat itu Jokowi ikut menebar benih udang di tambak milik masyarakat yang mengikuti program perhutanan sosial.

(arh)