Banjir di Beberapa Titik Jakarta Mulai Surut

CNN Indonesia | Rabu, 30/01/2019 14:38 WIB
Banjir di Beberapa Titik Jakarta Mulai Surut Banjir di wilayah Kelapa Gading, Jakarta Utara. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah jalan di DKI Jakarta tergenang air dengan ketinggian rata-rata 10 hingga 40 centimeter (cm) akibat curah hujan tinggi yang melanda Ibu Kota sejak Rabu (30/1) dini hari.

Menurut pantauan CNNIndonesia.com, genangan air di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, sejak pukul 10.30 WIB sudah mulai surut. Hanya ada beberapa titik genangan air yang masih terlihat, salah satunya di Jalan Boulevard Barat Kelapa Gading.

Berdasarkan keterangan warga setempat, puncak genangan air setinggi 20 cm terjadi pada pukul 08.00 WIB. Namun, banjir bisa cepat surut karena dibantu petugas untuk membersihkan gorong-gorong dan saluran air.



Berdasarkan laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, genangan air terjadi di wilayah Jakarta Utara, Barat, dan Timur.

Data terakhir yang diunggah lewat akun Twitter resmi BNPB DKI menunjukkan genangan air di wilayah Jakarta Utara dengan tinggi 5 hingga 30 cm terjadi di Pluit, Kamal Muara, Pejagalan, Penjaringan, Kelapa Gadig, Pengangsaan Dua, Kelapa Gading Barat, Sukapura, Ciincing, Marunda, Semper Timur, Tugu Selatan hingga Tanjung Priok.

Sementara di wilayah Jakarta Barat, genangan air setinggi 10 cm hingga 60 cm terjadi di wilayah Rawa Buaya, Duri Kosambi, dan Kedaung Kali Angke.

Adapun di wilayah Jakarta Timur, genangan air setinggi 15 hingga 30 cm terjadi di wilayah Cakung dan Rawa Terate.

Banjir di Kelapa Gading, Jakarta Utara. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Ketinggian air maksimal di seluruh titik tersebut terjadi antara pukul 05.30 hingga 10.40 WIB. Kondisi genangan air di beberapa titik tersebut dilaporkan sudah ada yang berangsur surut.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan masih akan terjadi hujan yang disertai petir dan angin kencang di wilayah DKI Jakarta pada Rabu siang hingga malam.

Banjir di jalan Boulevard Barat Kelapa Gading, Jakarta. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)


"Waspada potensi hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang dengan durasi singkat di wilayah Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur antara siang - menjelang malam hari dan dini hari," demikian pernyataan resmi BMKG, Rabu (30/1).

Menurut perkiraan BMKG, hujan baru akan berhenti pada Rabu malam dan cuaca akan berganti menjadi cerah berawan yang berlanjut hingga Kamis (31/1) dini hari di sejumlah wilayah Jakarta, kecuali Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu yang diperkirakan diguyur hujan.


(dal/DAL)