Arifin Ilham Pulang dari Malaysia usai Pengobatan Kanker

Antara, CNN Indonesia | Kamis, 31/01/2019 11:38 WIB
Arifin Ilham Pulang dari Malaysia usai Pengobatan Kanker Penceramah dan juga pimpinan Majelis Az-zikra, ustaz Arifin Ilham. (CNN Indonesia/Martahan Sohuturon)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penceramah yang juga pimpinan Majelis Az-zikra, ustaz Arifin Ilham dikabarkan telah meninggalkan Penang, Malaysia untuk kembali ke Tanah Air, Kamis (31/1) pagi. Selama ini di negeri jiran itu, Arifin menjalani pengobatan. 

Dilansir dari Antara, Arifin bersama rombongan berangkat menuju Bandar Udara Department of Civil Aviation (DCA) Pulau Penang Kementerian Transportasi Malaysia pukul 07.30 waktu setempat.

Arifin Ilham diketahui tiga pekan berada di Penang dalam rangka pengobatan lanjutan atas penyakit kanker getah bening stadium 4A. Sempat mendapat perawatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Arifin diterbangkan ke Malaysia pada 10 Januari silam.


Arifin dan rombongan kembali ke Indonesia tidak menggunakan pesawat komersial namun menumpang pesawat jet pribadi milik seorang pengusaha yang hingga kini identitasnya masih dirahasiakan.


Rombongan terdiri dari 11 orang yakni tiga orang istri, tiga keponakan dan sejumlah pendamping termasuk asistennya, Mohamad Abdul Syukur.

Pesawat tersebut take off dari DCA Pulau Pinang pukul 09.00 waktu setempat dan dijadwalkan tiba di Bandar Udara Halim Perdana Kusumah Jakarta pukul 10.00 WIB.

Dalam akun media sosial, sebelumya Arifin Ilham terlihat sudah beraktifitas seperti biasa. Tampak ia dan empat pendampingnya menyempatkan diri sholat subuh berjamaah di Masjid Jamik Al-Munawar Jalan Kelewai George Town.


Kabar kepulihan Arifin Ilham sempat beberapa kali diunggah oleh Arifin Ilham melalui akun instagramnya. Saat menjalani pemulihan pascaoperasi, Arifin Ilham sudah mampu berlari-lari kecil di halaman tempatnya beristirahat di Apartemen Mansion One George Town.

"InsyaAllah Kamis jika Allah perkenankan kembali ke Tanah Air kita tercinta," tulis Arifin Ilham pada Senin (28/1).

[Gambas:Instagram]

Kabar tersebut juga diamini putera sulungnya, Muhammad Alvin Faiz. Selama dua pekan terakhir, sang ayah sudah rutin berlari-lari kecil dan melakukan aktivitas lainnya. Sang ayah hanya perlu pemulihan terhadap suaranya yang belum sepenuhnya kembali seperti semula.

"Sekarang sudah mulai bisa bicara meskipun suara masih pelan, sudah mulai bisa jalan2, bahkan setiap subuh sudah mulai ke masjid lagi," tulis Alvin.

[Gambas:Instagram]

Alvin berharap umat Islam di Indonesia, dan para jemaah sang ayah terus mendoakan kesembuhan Arifin Ilham. "Semoga bisa hadir di zikir akbar bulanan tanggal 3 februari di Masjid Azzikra, aamiin," sambung Alvin.


(ain)